Akhirnya, Tingkat Pengangguran Singapura Turun untuk Pertama Kalinya pada 2020

    Arif Wicaksono - 10 Januari 2021 15:56 WIB
    Akhirnya, Tingkat Pengangguran Singapura Turun untuk Pertama Kalinya pada 2020
    Singapura. Foto ; AFP.
    Singapura: Tingkat pengangguran Singapura pada November turun untuk pertama kalinya pada 2020. Hal ini menjadi sinyal bahwa yang terburuk bisa berakhir untuk pasar tenaga kerja, di tengah pandemi covid-19.

    Dikutip dari Channel News Asia, Minggu, 10 Januari 2021, tingkat pengangguran keseluruhan di November adalah 3,3 persen, turun dari 3,6 persen di Oktober 2020. Tingkat pengangguran penduduk, di antara warga Singapura dan penduduk tetap, turun tipis dari 4,8 persen pada Oktober menjadi 4,6 persen pada November 2020.

    Adapun tingkat pengangguran warga, turun dari 4,9 persen pada Oktober menjadi 4,7 persen pada November 2020.

    Tingkat pengangguran Singapura terus meningkat sejak kuartal pertama 2018 ketika tingkat pengangguran secara keseluruhan berada di dua persen, sebelum covid-19 memperburuk situasi.

    Tingkat pengangguran keseluruhan pada kuartal terakhir 2019 adalah 2,3 persen sebelum mencapai puncaknya pada 3,6 persen pada September dan Oktober.

    Ekonom sebelumnya mengatakan bahwa pasar tenaga kerja akan mencapai titik terendah pada akhir 2020 dan datar hingga pertengahan tahun ini.

    Menteri Tenaga Kerja Josephine Teo mengingatkan bahwa meskipun penurunan pengangguran "melegakan", hal itu harus dianalisis dengan indikator lain seperti ketenagakerjaan. Jumlah pekerjaan terbaru akan keluar pada akhir Januari.

    Dia mengatakan pemulihan ekonomi dan pasar kerja kemungkinan besar bergelombang dan tidak merata, tidak seperti pemulihan cepat yang terlihat selama krisis keuangan global, maupun peningkatan yang stabil selama periode SARS.

    "Beberapa efek wabah covid-19 akan bertahan lama, tidak hanya untuk kesehatan masyarakat, tetapi bahkan (untuk) bisnis," katanya, seraya menambahkan bahwa pandemi terus merajalela dan menimbulkan risiko kesehatan besar di negara lain.

    Sekretaris Jenderal Kongres Serikat Perdagangan Nasional Ng Chee Meng, yang bersama Nyonya Teo selama kunjungan tersebut, juga mendesak agar berhati-hati tentang pasar kerja yang akan datang.

    "Kami belum keluar dari hutan," kata Tuan Ng.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id