comscore

BoJ Yakin Mampu Keluar dari Kebijakan Ultra Longgar

Angga Bratadharma - 01 Juni 2022 14:04 WIB
BoJ Yakin Mampu Keluar dari Kebijakan Ultra Longgar
Gubernur Bank of Japan (BoJ) Haruhiko Kuroda. FOTO: AFP
Tokyo: Gubernur Bank of Japan (BoJ) Haruhiko Kuroda yakin bank sentral Jepang dapat keluar dengan mulus dari kebijakan moneter ultra-longgarnya, meskipun melakukannya tidak akan mudah.Sejauh ini, Jepang terus berupaya memacu perekonomian usai terhantam keras pandemi covid-19.

Kuroda mengulangi pandangannya, bank sentral harus mempertahankan kebijakan moneter ultra-mudah untuk saat ini, dengan inflasi konsumen diperkirakan melambat tahun depan dan seterusnya, setelah melaju mendekati target dua persen tahun ini karena melonjaknya biaya energi.
Ketika saat yang tepat tiba, lanjutnya, Dewan BoJ akan merencanakan jalan keluar dari kebijakannya yang mudah dan mengumumkannya kepada publik. "Kuncinya adalah bagaimana menaikkan suku bunga dan mengurangi neraca BoJ yang diperluas," kata Kuroda, dilansir dari Channel News Asia, Rabu, 1 Juni 2022.

"BOo dapat menggabungkan berbagai cara dan memastikan pasar tetap stabil dalam melaksanakan jalan keluar yang mulus dari kebijakan mudah. Saya harus menambahkan, bagaimanapun, itu tidak akan mudah," tambahnya.

Kuroda menambahkan kenaikan suku bunga oleh Federal Reserve AS mungkin tidak serta merta melemahkan yen terhadap dolar lebih lanjut, jika mereka juga menjatuhkan harga saham AS. Sedangkan Perdana Menteri Jepang Fumio Kishida mengatakan sulit untuk mengatakan apakah pelemahan yen akan berumur pendek atau menjadi berkepanjangan.

"Pergerakan yen yang tajam tidak diinginkan. Sementara yen yang lemah menguntungkan ekspor dan perusahaan dengan aset luar negeri, itu merugikan rumah tangga dan beberapa bisnis melalui biaya yang lebih tinggi," pungkas Kishida.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id