Ekspor Jerman Mulai Naik pada Juli

    Arif Wicaksono - 29 Juli 2020 15:43 WIB
    Ekspor Jerman Mulai Naik pada Juli
    Jerman. Foto : AFP.
    Berlin: Ifo memprediksi bahwa ekspor produsen Jerman naik dari minus 2,2 poin menjadi positif 6,9 poin pada Juli 2020. Beberapa negara sudah mulai membeli produk Jerman.

    "Ekspor Jerman diuntungkan oleh pemulihan ekonomi di banyak negara," kata Presiden Ifo Institute yang berbasis di Munich, Clemens Fuest, dikutip dari Xinhua, Rabu, 29 Juli 2020.

    Untuk pertama kalinya sejak Januari, harapan Ifo untuk ekspor manufaktur kembali ke wilayah positif. Pada April, indeks ekspor Ifo anjlok hingga minus 50,3 poin. Kemudian mencapai nilai terendah yang pernah diukur sebagai akibat dari krisis covid-19.

    Fuest menambahkan setelah beberapa bulan yang sangat sulit, sekarang kemungkinan bisnis ekspor produsen mobil Jerman akan meningkat lagi. Keyakinan juga telah kembali ke industri elektronik di Jerman, menurut survei bisnis Ifo untuk Juli.

    Namun, Asosiasi Produsen Listrik dan Elektronik Jerman (ZVEI) mengumumkan minggu lalu bahwa ekspor ke negara-negara industri turun lebih dari 10 persen menjadi 51,7 miliar euro (USD60,6 miliar) dalam lima bulan pertama tahun ini.

    Menurut Ifo Institute, pesimisme di sektor teknik mesin juga telah menurun meskipun penjualan belum diperkirakan akan meningkat.

    "Beberapa bulan ke depan akan menjadi sangat penting bagi ekonomi Eropa untuk pulih secara permanen dan mendapatkan kembali kekuatan mereka," kata Peter Altmaier, Menteri Urusan Ekonomi dan Energi, dua minggu lalu ketika mempresentasikan prioritas Kepresidenan Jerman Dewan Uni Eropa.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id