Tingkat Pekerjaan di AS Melonjak di Maret 2021

    Angga Bratadharma - 05 April 2021 09:03 WIB
    Tingkat Pekerjaan di AS Melonjak di Maret 2021
    Ilustrasi. FOTO: Hector Mata/AFP



    New York: Pemulihan ekonomi Amerika Serikat (AS) dari pandemi covid-19 terus memperlihatkan hal positif pada Maret 2021. Pasalnya, Departemen Tenaga Kerja AS melaporkan, para pengusaha menambahkan 916 ribu pekerjaan dan merupakan kenaikan terbesar sejak Agustus.

    Lompatan besar dalam pekerjaan naik dari 468 ribu peningkatan pekerjaan yang dilaporkan untuk Februari, yang dengan sendirinya direvisi oleh hampir 100 ribu pekerjaan dari pembacaan awal. Kenaikan juga jauh lebih baik dari yang diperkirakan oleh para ekonom, yang memperkirakan peningkatan yang kuat tetapi lebih sederhana yakni 647 ribu pekerjaan.






    Mengutip CNN, Senin, 5 April 2021, beberapa sektor yang mencetak perbaikan besar termasuk di antara sektor-sektor yang mengalami kerusakan terburuk akibat penutupan yang terkait dengan pandemi, termasuk restoran dan bar, yang menambah 176 ribu pekerjaan.

    Pekerjaan di bidang pendidikan negara bagian dan lokal naik 126 ribu saat sekolah mulai dibuka kembali. Hotel dan akomodasi lainnya menambahkan 40 ribu pekerjaan, dan kategori yang mencakup seni pertunjukan, olahraga penonton, dan taman hiburan menambahkan 64 ribu pekerjaan.

    Keuntungan besar lainnya datang di sektor-sektor yang telah berkinerja baik selama setahun terakhir, meskipun terjadi resesi. Konstruksi menambah 110 ribu pekerjaan, karena proyek komersial meningkat dan pembangunan rumah terus berkembang.

    Layanan pengiriman, seperti FedEx (FDX) dan United Parcel Service (UPS), yang telah mencatatkan perolehan pekerjaan terbesar tahun lalu karena peningkatan belanja online, menambah 17 ribu pekerjaan lagi.

    Para ekonom mengatakan laporan tersebut menunjukkan bahwa pasar tenaga kerja akhirnya bisa berada di jalur pemulihan dari kehilangan pekerjaan yang diderita akibat pandemi, bahkan jika masih membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk kembali mencapai tingkat pekerjaan sebelum covid.

    Namun yang perlu dicatat yakni ketika beberapa sektor kembali ke tingkat pekerjaan sebelum pandemi, ekonomi AS secara keseluruhan masih memiliki 8,4 juta lebih sedikit pekerjaan daripada sebelum hilangnya pekerjaan terkait covid-19 dimulai setahun yang lalu.

    "Bahkan pada kecepatan ini, dibutuhkan waktu lebih dari satu tahun untuk keluar dari total kekurangan pekerjaan. Namun, angka hari ini tentunya menjadi pertanda yang menjanjikan untuk pemulihan," kata Ekonom Senior Economic Policy Institute Elise Gould.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id