BOE Tingkatkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Inggris Jadi 7,25% di 2021

    Angga Bratadharma - 14 Mei 2021 14:04 WIB
    BOE Tingkatkan Proyeksi Pertumbuhan Ekonomi Inggris Jadi 7,25% di 2021
    Ilustrasi. FOTO: Justin Tallis/AFP



    London: Bank sentral Inggris atau Bank of England (BOE) mengatakan ekonomi Inggris berada di jalur untuk pemulihan ekonomi yang lebih kuat dari yang diperkirakan sebelumnya. Kondisi itu didukung oleh kampanye vaksinasi covid-19 yang relatif cepat di negara itu.

    BOE meningkatkan prospek pertumbuhan 2021 untuk ekonomi terbesar kelima dunia itu menjadi 7,25 persen, sedikit di atas ekspektasi analis dan naik dari lima persen seperti perkiraan pada Februari. Angka itu sejalan dengan penurunan PDB Inggris kuartal pertama sebesar 1,5 persen dan karena pembatasan aktivitas ekonomi mereda dan infeksi covid terus menurun.

     



    Mengutip CNBC International, Jumat, 14 Mei 2021, merefleksikan perkembangan tersebut, BOE mengatakan PDB kuartal kedua kemungkinan akan naik tajam. Sementara produksi ekonomi diharapkan pulih ke tingkat pra-pandemi sepanjang sisa tahun ini. Sebelumnya dikatakan ekonomi Inggris akan pulih ke tingkat pra-pandemi pada kuartal pertama tahun depan.

    Ekonomi Inggris mengalami kontraksi 10 persen pada 2020 -kinerja tahunan terburuk dalam lebih dari tiga abad. Itu lebih parah jika dibandingkan dengan kebanyakan negara Eropa lainnya, sebagian karena langkah yang lebih lambat untuk menerapkan langkah-langkah kesehatan masyarakat yang ketat untuk mengekang penyebaran virus korona.

    Komite Kebijakan Moneter BOE dengan suara bulat memutuskan untuk mempertahankan suku bunga dan memberikan suara 8-1 untuk mempertahankan program pelonggaran kuantitatif pada level saat ini.

    Kepala Ekonom BOE Andrew Haldane menolak hal tersebut dan lebih memilih untuk menurunkan ukuran program. Haldane meninggalkan bank sentral tahun ini untuk menjadi kepala eksekutif Royal Society for Arts, Manufactures and Commerce.

    Pemungutan suara berarti suku bunga pinjaman utama bank sentral tetap pada level terendah sepanjang masa sebesar 0,1 persen dan target saham pembelian aset tidak berubah pada £ 895 miliar (USD1,2 triliun). BOE mengatakan laju pembelian obligasi sekarang bisa agak melambat dan kondisinya seperti yang dibayangkan dalam pengumuman program pada November.

    "Titik penyelesaian yang diharapkan dari program pembelian tetap tidak berubah. Keputusan operasional ini tidak boleh ditafsirkan sebagai perubahan sikap kebijakan moneter," pungkas BOE dalam laporannya.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id