comscore

Kerugian AirAsia Grup Mengecil

Arif Wicaksono - 09 September 2021 11:23 WIB
Kerugian AirAsia Grup Mengecil
Air Asia. Foto : AFP.
Kuala Lumpur: Maskapai penerbangan andalan Malaysia, AirAsia Group Bhd, mencatat kerugian yang lebih kecil pada kuartal kedua 2021 di tengah mulai kembalinya lonjakan pendapatan.

Dikutip dari Channel News Asia, Kamis, 9 September 2021, pendapatan AIr Asia Group Bhd naik 160 persen menjadi 370 juta ringgit, didorong oleh pendapatan kargo. Di bawah lengan digitalnya, pendapatan dari bisnis logistiknya meningkat tiga kali lipat sementara pendapatan unit fintech naik 56 persen.
Rugi bersih untuk April-Juni adalah 41,6 persen lebih rendah menjadi 580 juta ringgit (USD139,66 juta), dibandingkan dengan kerugian 992 juta ringgit tahun lalu pada periode yang sama.

Penumpang yang diangkut untuk kuartal tersebut melonjak 272 persen menjadi 758.746 sementara faktor muatan, yang mengukur seberapa penuh pesawat,, naik sembilan persen menjadi 68 persen.

AirAsia melanjutkan dengan langkah-langkah pengendalian biaya, termasuk memotong jumlah karyawan dan gaji sambil mengelola kapasitasnya untuk memenuhi permintaan. Grup sedang dalam negosiasi dengan lessor untuk merestrukturisasi persyaratan sewa, katanya.

CEO Grup Tony Fernandes dalam pernyataan terpisah mengatakan pada akhir kuartal ketiga 2021 akan menyelesaikan dua gelombang restrukturisasi sewa dan berharap untuk menyelesaikan latihan penuh pada akhir 2021.

Fernandes mengatakan AirAsia memiliki likuiditas yang cukup untuk sisa tahun ini dan sepanjang 2022. Airasia Grup berencana untuk mengumpulkan hingga satu miliar ringgit melalui rights issue pada akhir tahun ini.

Airasia Grup mengharapkan semua entitas penerbangannya, Malaysia, Thailand dan Indonesia, untuk melihat peningkatan bertahap dalam operasi domestik pada kuartal keempat, menyusul pelonggaran pembatasan perjalanan sejalan dengan peningkatan tingkat vaksinasi. 


(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id