Tiongkok Mulai Aktif dalam Perdagangan Karbon

    Arif Wicaksono - 18 Juli 2021 17:21 WIB
    Tiongkok Mulai Aktif dalam Perdagangan Karbon
    Ekonomi Tiongkok. Foto : AFP.



    Beijing: Tiongkok meluncurkan sistem perdagangan emisi karbon untuk menurunkan emisi gas rumah kaca yang disinyalir sebagai penyebab perubahan iklim. Ini juga menjadi langkah Tiongkok untuk mencapai emisi netral karbon pada 2060.

    Dikutip dari Channel News Asia, Minggu, 18 Juli 2021, skema tersebut mendorong peran kepemimpinan global Tiongkok dalam krisis iklim menjelang pertemuan puncak penting PBB pada November 2021.

     



    Tiongkok telah meletakkan dasar untuk menjadi pasar perdagangan karbon terbesar di dunia dengan memaksa ribuan perusahaan Tiongkok untuk mengurangi polusi.

    Program ini diluncurkan hanya beberapa hari setelah Uni Eropa mengumumkan rencana rincinya untuk mencapai netralitas karbon pada 2050. Namun pertanyaan mendalam tetap ada atas skala dan efektivitas skema perdagangan emisi awal itu.

    Secara lebih luas, para analis dan pakar mengatakan masih banyak yang harus dilakukan jika Tiongkok ingin memenuhi target emisi pada 2030.

    Tiongkok pertama kali mengumumkan rencana untuk pasar karbon nasional satu dekade lalu, tetapi kemajuannya diperlambat oleh lobi pelaku industri batu bara serta kebijakan yang memprioritaskan pertumbuhan ekonomi daripada lingkungan.

    Skema ini akan menetapkan batas polusi untuk bisnis pembangkit listrik besar untuk pertama kalinya.

    Menurut data dari Badan Energi Internasional, skema ini akan mencakup 2.225 produsen listrik besar yang menghasilkan sekitar sepertujuh dari emisi karbon global dari pembakaran bahan bakar fosil.

    Produsen listrik tersebut menyumbang 30 persen dari 13,92 miliar ton gas pemanasan bumi yang dikeluarkan oleh pabrik-pabrik Tiongkok pada  2019. Itu akan membuat skema perdagangan karbon Tiongkok sekitar sepertiga ukuran pasar Eropa, yang saat ini terbesar di dunia.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id