Ekonomi Inggris Mulai Tumbuh di Mei

    Arif Wicaksono - 15 Juli 2020 11:44 WIB
    Ekonomi Inggris Mulai Tumbuh di Mei
    Inggris. Foto : AFP.
    London: Produk Domestik Bruto (PDB) Inggris tumbuh sebesar 1,8 persen pada Mei dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Angka ini sedikit naik setelah kemerosotan pada Maret dan April karena lockdown. Hal ini dikatakan oleh Kantor Statistik Nasional (ONS).

    "Meskipun demikian, tingkat output tidak pulih dari rekor penurunan yang terlihat pada Maret dan April 2020 dan telah berkurang 24,5 persen dibandingkan dengan Februari 2020, sebelum dampak penuh dari virus korona," kata ONS dikutip dari Xinhua, Rabu, 15 Juli 2020.

    Angka sebelumnya menunjukkan bahwa PDB negara itu anjlok 20,4 persen pada April dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Hal ini mencapai penurunan bulanan terbesar sejak 1997.

    "Di sektor layanan penting, kami melihat beberapa kenaikan dalam ritel, yang mencatat rekor penjualan online, tetapi banyak layanan lain tetap dalam kelesuan dengan sejumlah daerah melihat penurunan lebih lanjut meskipun ada lockdown," kata Jonathan Athow, wakil ahli statistik nasional dan direktur jenderal untuk statistik ekonomi di ONS.

    Howard Archer, kepala penasihat ekonomi di EY ITEM Club, sebuah kelompok peramalan ekonomi, mengatakan ekonomi naik sedikit dari posisi terendah April dibandingkan Mei.

    "Kenaikan 1,8 persen adalah kurang dari harapan terendah," jelas dia.

    Sementara itu, PDB turun 19,1 persen dalam tiga bulan hingga Mei 2020 dibandingkan dengan periode tiga bulan sebelumnya. Hal ini karena pembatasan pemerintah terhadap pergerakan secara dramatis mengurangi aktivitas ekonomi.

    Archer pun mengatakan ekonomi seharusnya alami kenaikan yang jauh lebih signifikan pada Juni dibandingkan dengan Mei karena ada pelonggaran progresif pembatasan pembatasan. Hal ini sekaligus memperingatkan bahwa kontraksi PDB pada kuartal kedua akan lebih besar dari yang diperkirakan sebelumnya.


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id