Modal Asing Terus Mengalir ke Tiongkok

    Angga Bratadharma - 30 Juni 2020 10:29 WIB
    Modal Asing Terus Mengalir ke Tiongkok
    Ilustrasi. FOTO: AFP

    Beijing: Perusahaan riset Rhodium Group melaporkan modal asing terus mengalir ke Tiongkok ketika pandemi covid-19 terus menekan negara-negara di dunia sehingga menghancurkan aktivitas ekonomi global. Saat ini, ketakutan kembali terjadi saat gelombang kedua covid-19 terjadi.

    Mengutip Xinhua, Selasa, 30 Juni 2020, Rhodium Group mengatakan wabah covid-19 telah menghantam kesepakatan dagang yang terjadi di tahun ini namun arus masuk ke Tiongkok telah meningkat sejak Januari 2020. Dalam lima bulan pertama di 2020, merger dan akuisisi (M&A) naik dari segi volume dan nilai untuk pertama kalinya dalam satu dekade.

    "Selama 18 bulan terakhir, kami telah mencatat level M&A asing ke Tiongkok yang tidak terlihat pada dekade sebelumnya," kata laporan itu.

    Menurut Rhodium sebagian besar arus masuk modal telah didorong oleh perusahaan-perusahaan Amerika dan Eropa yang mengambil keuntungan dari batas kepemilikan asing yang lebih longgar. Adapun aktivitas ini terjadi pada saat hubungan AS-Tiongkok kembali tegang.

    Meski ketegangan antara AS dan Tiongkok terjadi namun, laporan itu mengatakan selera asing untuk aset di Tiongkok tetap kuat. Peneliti Rhodium juga memperingatkan berkurangnya aliran investasi asing langsung akan menjadi kenyataan yang harus dihadapi ekonomi global untuk beberapa waktu dan Tiongkok tidak terkecuali.

    "Pandemi covid-19 menyeret perdagangan internasional, dan pergerakan modal lintas batas. UNCTAD (Konferensi PBB tentang Perdagangan dan Pembangunan) memperkirakan aliran investasi langsung global bisa turun hingga 40 persen pada 2020,” tutup laporan itu.





    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id