Produksi Tertekan Akibat Badai, Minyak Dunia Menguat

    Angga Bratadharma - 16 September 2020 08:28 WIB
    Produksi Tertekan Akibat Badai, Minyak Dunia Menguat
    Ilustrasi. FOTO: AFP
    New York: Harga minyak dunia melonjak pada perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu WIB). Kondisi itu terjadi karena kemungkinan kedatangan Badai Sally di Pantai Teluk Amerika Serikat (AS) mengganggu produksi energi di daerah tersebut.

    Mengutip Xinhua, Rabu, 16 September 2020, West Texas Intermediate untuk pengiriman Oktober naik USD1,02 menjadi USD38,28 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara minyak mentah Brent untuk pengiriman November naik 92 sen menjadi USD40,53 per barel di London ICE Futures Exchange.

    Terkait dengan kedatangan badai Sally, Biro Keselamatan dan Penegakan Lingkungan AS memperkirakan bahwa hampir 27 persen produksi minyak di Teluk Meksiko telah ditutup, bersama dengan 28,03 persen produksi gas alam, sebagai tindakan pencegahan.

    Di sisi lain, bursa saham Amerika Serikat ditutup lebih tinggi pada akhir perdagangan Selasa waktu setempat (Rabu WIB). Penguatan dapat terjadi karena bursa saham Wall Street mencermati pertemuan penting oleh Federal Reserve terkait langkah kebijakan moneternya.

    Indeks Dow Jones Industrial Average naik 2,27 poin atau 0,01 persen menjadi 27.995,60. Sedangkan S&P 500 naik 17,66 poin atau 0,52 persen menjadi 3.401,20. Indeks Komposit Nasdaq melonjak 133,67 poin atau 1,21 persen menjadi 11.190,32.

    Saham perusahaan teknologi besar AS seperti Amazon, Facebook, Netflix, dan Google-parent Alphabet semuanya ditutup lebih tinggi. Delapan dari 11 sektor utama S&P 500 bergerak lebih tinggi, dengan layanan komunikasi dan real estat masing-masing naik 1,72 persen dan 1,39 persen, melampaui sisanya. Sektor teknologi naik satu  persen.

    Sedangkan sektor keuangan tergelincir 1,36 persen, menjadi kelompok berkinerja terburuk. Perusahaan Tiongkok yang terdaftar di AS sebagian besar diperdagangkan lebih tinggi, dengan enam dari 10 saham teratas berdasarkan bobot dalam indeks Tiongkok 50 yang terdaftar di S&P AS mengakhiri hari dengan catatan optimistis.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id