Kemasan Diduga Terpapar Korona, Tiongkok Larang Produk Laut Indonesia

    Annisa ayu artanti - 19 September 2020 13:54 WIB
    Kemasan Diduga Terpapar Korona, Tiongkok Larang Produk Laut Indonesia
    Ilustrasi. FOTO: MI/ATET DWI PRAMADIA
    Jakarta: Salah satu eksportir makanan laut Indonesia dilarang memasukkan produknya ke Tiongkok setelah kemasan produk dinyatakan positif terkena covid-19 (virus korona).

    Mengutip The Straits Times, Sabtu, 19 September 2020 Kantor Bea Cukai setempat mengatakan Tiongkok akan menghentikan impor produk akuatik dari PT Putri Indah selama seminggu setelah menemukan partikel virus korona pada kemasan ikan layur.

    Otoritas Tiongkok telah menyelidiki daging impor, makanan laut, kemasan, dan wadah sebagai sumber potensial covid-19 sejak Juni. Setelah berulang kali melakukan penyelidikan ditemukan jejak patogen.

    "Namun, hanya enam dari lebih dari 500 ribu sampel yang dinyatakan positif virus korona," kata bea cukai awal bulan ini.

    Selain Indonesia, Tiongkok sebelumnya juga telah melarang impor produk termasuk daging beku, udang Ekuador, dan sayap ayam Brasil setelah hasil tes positif.

    Sementara Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat mengatakan tidak ada bukti covid-19 ditularkan melalui makanan atau kemasan makanan, meski para peneliti Tiongkok telah menemukan virus korona pada salmon dingin yang mungkin menular selama lebih dari seminggu.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id