comscore

Rio Tinto Akhiri Hubungan Komersial dengan Rusia

Antara - 10 Maret 2022 10:40 WIB
Rio Tinto Akhiri Hubungan Komersial dengan Rusia
Ilustrasi Rusia. Foto : AFP.
London: Rio Tinto pada Kamis menjadi perusahaan terbaru yang memutuskan hubungan dengan Moskow, dengan mengatakan pihaknya mengakhiri semua hubungan komersial dengan Rusia.

"Rio Tinto sedang dalam proses mengakhiri semua hubungan komersial yang dimilikinya dengan Rusia mana pun," kata juru bicara Rio dikutip dari Antara, Kamis 10 Maret 2022.
Pengumuman dari perusahaan Inggris-Australia itu datang setelah seorang eksekutif puncak mengatakan perusahaan sedang mencari sumber bahan bakar alternatif untuk operasi tembaga Mongolia di Oyu Tolgoi tetapi tidak menganggap dapat berhenti membeli dari Rusia sama sekali.

Perusahaan tidak segera menanggapi pertanyaan apakah akan terus membeli bahan bakar Rusia dan produk lainnya melalui pihak ketiga non-Rusia.

Rusia telah terkena sanksi Barat dan penarikan perusahaan-perusahaan asing sejak invasinya ke Ukraina dimulai pada 24 Februari 2022. Rusia menggambarkan tindakannya sebagai "operasi khusus" untuk melucuti senjata tetangganya dan mengusir para pemimpin yang disebutnya neo-Nazi.

Perusahaan AS terkemuka seperti McDonald's, PepsiCo, Coca-Cola, dan Starbucks, menghentikan perdagangan dengan Rusia minggu ini, memberikan teguran terpadu atas perang di Ukraina.

Sebelumnya Royal Dutch Shell Plc berhenti membeli minyak dari Rusia dan mengatakan akan memutuskan hubungan ke negara itu sepenuhnya, sementara Amerika Serikat meningkatkan kampanyenya untuk menghukum Moskow dengan melarang impor minyak dan energi Rusia.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id