Elon Musk: Tiongkok Jadi Pasar Terbesar Mobil Listrik Tesla

    Angga Bratadharma - 02 April 2021 15:05 WIB
    Elon Musk: Tiongkok Jadi Pasar Terbesar Mobil Listrik Tesla
    CEO Tesla Elon Musk. FOTO: PETER PARKS AFP



    Beijing: CEO Tesla Elon Musk memuji Tiongkok selama wawancaranya dengan penyiar Pemerintah Tiongkok Central Television (CCTV), dengan dia berjanji bahwa negara itu akan menjadi pasar terbesar pembuat mobil listriknya dalam jangka panjang. Dia juga memuji tujuan ekonomi dan iklim Tiongkok

    "Saya sangat yakin tentang masa depan Tesla di Tiongkok. Ekonomi Tiongkok menurut saya dapat berkembang sangat baik selama dekade berikutnya dan akan menjadi ekonomi terbesar di dunia. Dan juga berkomitmen untuk masa depan energi yang berkelanjutan," kata Musk, dilansir dari CNN, Jumat, 2 April 2021.






    Pujian yang dilontarkan Musk mungkin sangat penting bagi masa depan Tesla di Tiongkok. Meskipun Tesla telah menikmati perlakuan khusus dari otoritas Tiongkok dalam beberapa tahun terakhir, namun perusahaan tersebut menghadapi banyak kritik dalam beberapa pekan terakhir.

    Bulan lalu, Tesla (TSLA) dipanggil oleh pejabat Tiongkok untuk menghadapi pertanyaan tentang kualitas mobil buatan Shanghai. Dan selama akhir pekan, beberapa outlet media melaporkan bahwa militer telah melarang kendaraan Tesla memasuki kompleksnya karena kekhawatiran kamera yang dipasang didalamnya dapat digunakan untuk memata-matai.

    Musk membahas kekhawatiran mata-mata itu dengan mengatakan bahwa mobil perusahaannya tidak akan pernah digunakan untuk tujuan seperti itu. Adapun pernyataannya di CCTV melangkah lebih jauh ke arah memuji Beijing dan menekankan pentingnya pasar Tiongkok bagi Tesla.

    Tiongkok sudah menyumbang seperlima dari pendapatan Tesla dan merupakan pasar terbesar kedua setelah Amerika Serikat, menurut laporan perusahaan baru-baru ini. Dalam jangka panjang, Tiongkok akan menjadi pasar terbesar kami, di mana kami menghasilkan kendaraan paling banyak dan kami memiliki jumlah pelanggan paling banyak," kata Musk.

    Musk mengaku terkesan dengan tujuan iklim Tiongkok. Presiden Tiongkok Xi Jinping mengatakan September lalu bahwa negara itu akan netral karbon pada 2060, dan pemerintah telah merinci beberapa cara yang dimaksudkan untuk mencapai target itu, termasuk membangun lebih banyak pembangkit listrik tenaga nuklir dan fasilitas energi bersih.

    "Ini adalah tujuan yang sangat agresif. Dan saya pikir itu adalah tujuan yang hebat. Dan saya berharap lebih banyak negara yang benar-benar memiliki tujuan ini. Saya sangat yakin bahwa masa depan Tiongkok akan bagus," pungkasnya.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id