comscore

Gejolak Rusia-Ukraina akan Naikkan Harga Batu Bara Lebih Tinggi

Annisa ayu artanti - 07 Maret 2022 13:14 WIB
Gejolak Rusia-Ukraina akan Naikkan Harga Batu Bara Lebih Tinggi
Konfrlik Rusia-Ukraina. Foto : AFP.
Jakarta: PT Bukit Asam The (PTBA) memproyeksikan harga batu bara akan lebih tinggi di tahun ini, terlebih adanya gejolak politik yang terjadi di Rusia dan Ukraina.

Direktur Utama PTBA Arsal Ismail mengungkapkan sebelumnya pihaknya tidak memprediksi adanya gejolak Rusia dan Ukraina. Perseroan memproyeksikan harga batu bara akan meningkat seiring dengan pemulihan ekonomi global dan nasional.
"Di 2022 tadinya kami berfikir masih naiknya itu dari tahun kemarin sekitar 10-24 persen, tapi lagi-lagi ada faktor lain menyebabkan kenaikan menjadi sangat jauh," katanya dalam konferensi pers virtual, Senin, 7 Maret 2022.

Meski harga batu bara diproyeksikan akan lebih tinggi, Arsal mengatakan PTBA tetap akan fokus untuk menjaga kebutuhan batu bara dalam negeri, khususnya untuk pembangkit listrik dan belum berencana mengubah Rencana Kerja dan Anggaran Perusahaan (RKAP).

"Jadi kami akan ikut aturan-aturan di RKAP yang telah ditetapkan, jadi apakah ada  tambahan porsi ekspor kembali lagi ke RKAP," ucapnya.

Sementara untuk peluang ekspor, PTBA berharap tetap dapat menikmati harga tinggi dengan kontrak-kontrak yang telah dilakukan akhir tahun lalu. Adapun porsi ekspor dan domestik tahun ini diperkirakan sama dengan tahun lalu yakni 43 persen dan 57 persen.

"Semuanya (ekspor dan domestik) dengan terukur karena kontrak kami berdasarkan formula dan kami sudah mulai dari awal-akhir th kami punya kontrak jangka panjang, harapannya dengan ada konflik ini PTBA ikut menikmati dengan kenaikan harga pada tahun ini," ujarnya.

Berdasarkan ICE NewCastle Coal Mar '22, harga batu bara pada perdagangan 4 Maret 2022 tembus USD418 per ton atau naik 0,9 persen.

(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id