comscore

ADB: Investasi Kesehatan Dapat Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi

Antara - 16 Maret 2022 19:01 WIB
ADB: Investasi Kesehatan Dapat Tingkatkan Pertumbuhan Ekonomi
Ilustrasi. FOTO: AFP/Jay Directo
Jakarta: Bank Pembangunan Asia atau Asian Development Bank (ADB) mendorong pemerintah negara-negara di Kawasan Asia Tenggara untuk berinvestasi di sektor kesehatan. Hal itu dianggap penting karena akan mampu meningkatkan pertumbuhan ekonomi.

"Investasi kesehatan meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui naiknya partisipasi dan produktivitas tenaga kerja," kata Presiden ADB Masatsugu Asakawa, dilansir dari Antara, Rabu, 16 Maret 2022,
Laporan ADB yang dipaparkan di Simposium Pembangunan Asia Tenggara atau Southeast Asia Development Symposium (SEADS) menyebutkan investasi kesehatan dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui naiknya partisipasi dan produktivitas tenaga kerja.


Sebagai contoh, pertumbuhan ekonomi Asia Tenggara dapat meningkat 1,5 persen jika belanja di sektor kesehatan di kawasan ini mencapai sekitar lima persen dari PDB dibandingkan dengan tiga persen pada 2021.

Dorongan ADB kepada negara di kawasan ini untuk mengalokasikan lebih banyak sumber daya ke sistem kesehatan juga demi meningkatkan surveilans terhadap penyakit dan merespons potensi pandemi di masa mendatang.

Selain itu, ADB turut merekomendasikan pemerintah untuk terus mendorong reformasi struktural guna meningkatkan daya saing dan produktivitas yang termasuk menyederhanakan prosedur dalam berusaha dan mengurangi hambatan perdagangan.

Upaya itu turut dilakukan dengan mendorong usaha kecil mengadopsi teknologi baru serta memberi pelatihan keterampilan untuk membantu pekerja mengatasi disrupsi pasar tenaga kerja dan relokasi pekerjaan di berbagai sektor.

Menurut ADB, pemerintah juga perlu menjaga kehati-hatian fiskal untuk mengurangi defisit dan utang serta memodernisasi administrasi pajak guna meningkatkan efisien dan memperluas basis pajak. ADB berkomitmen terus bekerja sama dengan para pembuat kebijakan seiring upaya negara-negara yang terus berupaya membangun kembali perekonomian negaranya.

Kerja sama ADB dengan para pembuat kebijakan juga dilakukan karena negara-negara tersebut berupaya meningkatkan sistem kesehatan nasional dan merampingkan peraturan domestik guna memperkuat daya saing dunia usaha.

"Kami mendorong seluruh pemerintah di Asia Tenggara agar berinvestasi pada infrastruktur yang pintar dan hijau serta mengadopsi inovasi di bidang teknologi untuk makin menstimulasi pertumbuhan ekonomi," pungkas Asakawa.


(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id