Masih Tinggi, Laju Inflasi Jerman Naik ke 2,5%

    Ade Hapsari Lestarini - 01 Juni 2021 08:23 WIB
    Masih Tinggi, Laju Inflasi Jerman Naik ke 2,5%
    Ilustrasi bendera Jerman. Foto: AFP.



    Berlin: Hasil sementara yang diterbitkan oleh Kantor Statistik Federal (Destatis) mencatat laju inflasi Jerman naik menjadi 2,5 persen pada Mei.

    Melansir Xinhua, Selasa, 1 Juni 2021, inflasi di Jerman telah meningkat selama lima bulan berturut-turut setelah pengurangan sementara pajak pertambahan nilai, tindakan pemerintah untuk mengurangi efek pandemi covid-19, habis pada pergantian tahun.

     



    "Penyebab penting dari tingkat inflasi yang tinggi adalah efek dasar yang kuat," ujar wakil kepala departemen ekonomi makro di Halle Institute for Economic Research (IWH), Axel Lindner, kepada Xinhua.

    Dia menjelaskan, setahun lalu, pandemi covid-19 sangat menekan banyak harga, khususnya harga barang-barang energi.

    Destatis menyampaikan, harga untuk produk energi, seperti minyak pemanas dan bahan bakar motor, di Jerman pada Mei naik sangat kuat dan bahkan naik 10 persen pada tahun sebelumnya.

    Pada awal pandemi musim semi 2020, harga minyak mentah jatuh karena permintaan yang rendah di pasar dunia tetapi telah pulih sejak saat itu. Selain itu, biaya 25 euro (USD30,50) per ton untuk karbon dioksida yang diemisikan diberlakukan di Jerman pada awal tahun.

    Harga pangan dan sewa di Jerman hanya tumbuh secara moderat sebesar 1,5 persen dan 1,3 persen. "Inflasi utama akan tetap tinggi di Jerman untuk beberapa bulan mendatang, tetapi inflasi hanya akan mengakar jika upah mulai naik sebagai reaksi terhadap harga yang lebih tinggi dan pemulihan ekonomi," kata Lindner.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id