comscore

Ramai Digunakan untuk Penghindaran Pajak dan Pandora Papers, Apa Itu Perusahaan Cangkang?

Eko Nordiansyah - 09 Oktober 2021 12:21 WIB
Ramai Digunakan untuk Penghindaran Pajak dan Pandora Papers, Apa Itu Perusahaan Cangkang?
Ilustrasi. Foto: Medcom.id
Jakarta: Sebuah laporan dari konsorsium jurnalis investigasi internasional yang dikenal dengan Pandora Papers mengungkapkan skandal penghindaran pajak yang dilakukan oleh 35 pemimpin negara dan ratusan pejabat hingga artis dunia. Banyak dari mereka menggunakan perusahaan cangkang untuk menyembunyikan hartanya.

Lalu sebenarnya apa itu perusahaan cangkang?

Dilansir dari Investopedia, Sabtu, 9 Oktober 2021, perusahaan cangkang adalah perusahaan tanpa operasi bisnis aktif atau aset yang signifikan. Jenis korporasi ini tidak semuanya ilegal, tetapi terkadang digunakan secara tidak sah, seperti untuk menyamarkan kepemilikan bisnis dari penegak hukum atau publik.

Alasan sah untuk perusahaan cangkang mencakup hal-hal seperti startup yang menggunakan entitas bisnis sebagai sarana untuk menggalang dana, mendanai, melakukan pengambilalihan yang tidak bersahabat atau untuk go public. Sayangnya, sering kali perusahaan cangkang bertindak sebagai kendaraan penghindaran pajak untuk bisnis yang sah.

Namun, penghindaran pajak terkadang dilihat sebagai celah untuk menghindari pembayaran pajak, karena perusahaan-perusahaan ini diketahui telah digunakan dalam aktivitas pasar gelap atau abu-abu. Wajar untuk curiga terhadap perusahaan cangkang dan penting untuk memahami berbagai skenario di mana mereka muncul.


Surga pajak

Adapun alasan nomor satu bagi perusahaan domestik untuk mendirikan perusahaan cangkang secara sah adalah untuk mewujudkan surga pajak di luar negeri. Perusahaan besar memutuskan untuk memindahkan pekerjaan dan keuntungan ke luar negeri, dengan memanfaatkan kode pajak yang lebih longgar yang disebut "offshoring" atau "outsourcing".

Untuk tetap berada dalam batas-batas hukum internasional, perusahaan-perusahaan Amerika akan mendirikan perusahaan cangkang di negara-negara asing tempat mereka bekerja lepas pantai. Ini diizinkan secara hukum oleh Amerika Serikat dan beberapa orang mengatakan bahwa kode pajak AS sendirilah yang memaksa perusahaan domestik untuk membuat perusahaan cangkang di luar negeri.

Cara lain yang membantu perusahaan cangkang dengan pajak mencakup kebutuhan lembaga keuangan untuk melakukan aktivitas keuangan di pasar luar negeri. Hal ini memungkinkan mereka untuk berinvestasi di pasar modal di luar batas domestik dan merealisasikan potensi penghematan pajak.

Meskipun ada alasan yang sah untuk mendirikan perusahaan cangkang, banyak orang kaya menyalahgunakan perusahaan cangkang untuk keuntungan pribadi. Sistem perpajakan progresif di AS yaitu tingkatan tarif pajak, perlahan-lahan menyebabkan orang mencari tempat bebas pajak pribadi.

Mereka yang berpenghasilan tinggi secara signifikan menempatkan diri mereka sebagai perusahaan cangkang di satu atau banyak lokasi, seperti Kepulauan Cayman. Ini adalah area abu-abu penghindaran pajak tempat orang menyalurkan pendapatan melalui perusahaan cangkang sedemikian rupa sehingga tidak dihitung sebagai pendapatan pribadi.(DEV)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id