Fed: Lonjakan Varian Delta Covid-19 Perlambat Pemulihan Ekonomi AS

    Angga Bratadharma - 27 September 2021 09:45 WIB
    Fed: Lonjakan Varian Delta Covid-19 Perlambat Pemulihan Ekonomi AS
    Ketua The Fed Jerome Powell. FOTO: AFP



    Washington:  Federal Reserve AS mengungkapkan varian delta covid-19 telah menyebabkan peningkatan signifikan dalam kasus virus korona yang mengakibatkan tekanan terhadap upaya pemulihan ekonomi di Amerika Serikat (AS). Langkah menekan kenaikan tersebut diperlukan guna meminimalkan efek negatif.

    Ketua The Fed Jerome Powell mengatakan sektor-sektor yang paling terpengaruh oleh pandemi covid-19 telah membaik dalam beberapa bulan terakhir. Akan tetapi, peningkatan kasus covid-19 memperlambat pemulihan ekonomi di AS.

     



    "Varian delta menyebabkan peningkatan signifikan dalam kasus covid-19 yang mengakibatkan kesulitan dan kerugian yang signifikan dan memperlambat pemulihan ekonomi. Kemajuan yang berkelanjutan pada vaksinasi akan membantu menahan virus dan mendukung kembalinya kondisi ekonomi yang lebih normal," kata Powell, dilansir dari Xinhua, Senin, 27 September 2021.

    Powell menambahkan bahwa para pejabat Fed menurunkan perkiraan mereka untuk pertumbuhan ekonomi AS tahun ini dibandingkan dengan tiga bulan lalu. Langkah itu diambil sebagian dikarenakan mencerminkan efek negatif dari keberadaan virus korona.

    Menurut perkiraan median dari ringkasan proyeksi ekonomi terbaru Fed, ekonomi AS diperkirakan tumbuh pada 5,9 persen di tahun ini atau lebih rendah dari tujuh persen yang diperkirakan pada Juni.

    Perkiraan rata-rata inflasi pada akhir tahun ini, diukur dengan pertumbuhan tahunan dalam indeks pengeluaran konsumsi pribadi (PCE), naik menjadi 4,2 persen dari 3,4 persen pada Juni, jauh di atas target bank sentral sebesar dua persen.

    "Untuk inflasi, kami tampaknya telah mencapai lebih dari kemajuan yang signifikan, kemajuan substansial lebih lanjut," pungkas Powell.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id