Ekspor Jerman Naik Tipis di Juli 2020

    Arif Wicaksono - 09 September 2020 11:24 WIB
    Ekspor Jerman Naik Tipis di Juli 2020
    Jerman. Foto : AFP.
    Berlin: Kantor Statistik Federal Jerman atau Destatis mencatat ekspor Jerman pada Juli meningkat 4,7 persen dibandingkan bulan sebelumnya menjadi 102,3 miliar euro (USD120,8 miliar).

    Kenaikan ini turun jika dibandingkan Juni ketika ekspor Jerman naik 14,9 persen dari bulan sebelumnya, yang merupakan kenaikan terkuat sejak awal rangkaian waktu pada 1990.

    "Perdagangan luar negeri Jerman terus pulih pada Juli. Tapi dengan kecepatan yang jauh lebih lambat dibandingkan Juni," kata Wakil Kepala Departemen Makroekonomi di Halle Institute for Economic Research (IWH), Axel Lindner, dikutip dari Xinhua, Rabu, 9 September 2020.

    Terlepas dari pemulihan setelah kemerosotan bersejarah pada April akibat krisis covid-19, ekspor Jerman pada Juli masih turun 11 persen dalam setahun.

    Ekspor Jerman ke Inggris pada Juli turun 12,6 persen dalam setahun. Sementara ekspor ke Amerika Serikat, yang sangat terpukul oleh pandemi virus korona, turun 17 persen.

    "Ekspor ke Tiongkok sudah hampir mencapai level tahun lalu dan hanya turun 0,1 persen menjadi 8,7 miliar euro pada Juli," menurut Destatis.

    Pada saat yang sama, sebagian besar impor ke Jerman berasal dari Tiongkok. Barang senilai 10,3 miliar euro diimpor dari Tiongkok, meningkat 7,4 persen dibandingkan dengan bulan yang sama tahun lalu.

    Total impor Jerman pada Juli naik 1,1 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya menjadi 83,1 miliar euro.

    Volume ekspor dan impor mencapai sekitar 90 persen dari level mereka sebelum pandemi covid-19 dimulai, kata Lindner. Dia menambahkan bahwa capaian 100 persen mungkin tidak akan tercapai sebelum virus tampaknya terkendali di mitra dagang utama Jerman.


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id