Ekonomi Singapura Tumbuh 0,2% di Kuartal I-2021

    Ade Hapsari Lestarini - 14 April 2021 10:09 WIB
    Ekonomi Singapura Tumbuh 0,2% di Kuartal I-2021
    Singapura mencatat pertumbuhan ekonomi pada kuartal I-2021. Foto: AFP/Roslan.



    Singapura: Kementerian Perdagangan dan Industri Singapura mencatat Produk Domestik Bruto (PDB) negara itu tumbuh 0,2 persen secara tahun ke tahun di kuartal pertama. Adapun pertumbuhan kuartal pertama ini dibandingkan dengan kontraksi 2,4 persen pada kuartal keempat 2020.

    Melansir Xinhua, Rabu, 14 April 2021, dalam skala musiman, ekonomi Singapura tumbuh dua persen kuartal ke kuartal, dibandingkan dengan ekspansi 3,8 persen di kuartal sebelumnya.

     



    Dalam rinciannya, sektor manufaktur Singapura meningkat 7,5 persen secara tahun ke tahun di kuartal pertama. Penguatan ini didukung oleh ekspansi output di klaster manufaktur elektronik, teknik presisi, bahan kimia, dan manufaktur biomedis.

    Sektor konstruksi mengalami kontraksi sebesar 20,2 persen secara tahun ke tahun, namun meningkat dari penurunan 27,4 persen di triwulan sebelumnya. Kenaikan tersebut terjadi karena peningkatan aktivitas konstruksi sektor publik dan swasta pada kuartal pertama dibandingkan dengan kuartal sebelumnya.

    Sementara itu, industri penghasil jasa mengalami kontraksi 1,2 persen tahun ke tahun, meningkat dari penurunan 4,7 persen di triwulan sebelumnya.

    Pihak kementerian mengatakan perkiraan PDB yang dirilis pada Rabu sebagian besar dihitung dengan data dalam dua bulan pertama kuartal tersebut. Angka-angka ini dimaksudkan sebagai indikasi awal pertumbuhan PDB pada kuartal tersebut, dan dapat direvisi ketika data yang lebih komprehensif tersedia.

    Kementerian mengatakan akan merilis angka PDB awal untuk kuartal pertama di Mei.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id