Minyak Dunia Bergelora saat Stok AS Turun

    Angga Bratadharma - 13 Mei 2021 08:28 WIB
    Minyak Dunia Bergelora saat Stok AS Turun
    Ilustrasi. FOTO: AFP



    New York: Harga minyak dunia melonjak pada akhir perdagangan Rabu waktu setempat (Kamis WIB), setelah data menunjukkan adanya penurunan di stok minyak mentah Amerika Serikat (AS). Penurunan stok terjadi karena perusahaan pipa Colonial menghentikan aktivitasnya usai ada serangan siber.

    Mengutip Xinhua, Kamis, 13 Mei 2021, West Texas Intermediate untuk pengiriman Juni naik 80 sen menjadi USD66,208 per barel di New York Mercantile Exchange. Minyak mentah brent untuk pengiriman Juli naik 77 sen menjadi USD69,32 per barel di London ICE Futures Exchange.

     



    Administrasi Informasi Energi AS mengatakan dalam sebuah laporan bahwa persediaan minyak mentah AS turun 0,4 juta barel selama pekan yang berakhir 7 Mei. Pada 484,7 juta barel, persediaan minyak mentah AS sekitar dua persen di bawah rata-rata lima tahun untuk tahun ini.

    Pedagang juga mengamati pembaruan pada pipa bahan bakar AS yang vital. Perusahaan Pipa Colonial, operator pipa yang membawa bensin dan solar ke bagian timur dan tenggara AS, mengatakan bahwa perusahaan terus membuat kemajuan dalam mengembalikan sistem pipa ke layanan.

    Namun, semakin banyak pompa bensin di sepanjang pantai timur AS yang tidak memiliki bahan bakar karena aksi beli yang meningkat di tengah kekhawatiran akan kekurangan bahan bakar. Colonial Pipeline menghentikan sementara semua operasi pipeline setelah serangan siber dengan ada ransomware terdeteksi pada Jumat waktu setempat.

    Di sisi lain, bursa saham Amerika Serikat ambruk pada akhir perdagangan Rabu waktu setempat (Kamis WIB). Kondisi itu terjadi karena pengukur inflasi utama menunjukkan tekanan harga yang lebih tinggi dari yang diantisipasi dan investor merespons dengan ketakutan.

    Indeks Dow Jones Industrial Average jatuh 681,50 poin atau 1,99 persen menjadi 33.587,66. Indeks 30 saham turun sebanyak 713 poin pada sesi terendahnya. Kemudian S&P 500 turun 89,06 poin atau 2,14 persen menjadi 4.063,04. Indeks Komposit Nasdaq merosot 357,75 poin atau 2,67 persen menjadi 13.031,68.

    Sebanyak 10 dari 11 sektor utama indeks S&P 500 ditutup di area merah, dengan sektor kebijakan konsumen dan teknologi masing-masing turun 3,28 persen dan 2,86 persen, memimpin pelemahan. Sedangkan sektor energi terpantau naik 0,06 persen.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id