Investasi Asing Global Turun 42%

    Ade Hapsari Lestarini - 25 Januari 2021 07:53 WIB
    Investasi Asing Global Turun 42%
    Foto: AFP.



    Jenewa: Konferensi PBB tentang Perdagangan dan Pembangunan (UNCTAD) melaporkan investasi asing langsung global (FDI) turun 42 persen pada 2020. Hal ini terjadi di saat Tiongkok sedang menjadi penerima arus investasi teratas dunia.

    Dalam pemantauan tren investasi terbarunya, badan perdagangan dan pengembangan PBB yang berbasis di Jenewa ini mengatakan bahwa FDI Tiongkok turun tajam menjadi sekitar USD859 miliar tahun lalu dibandingkan 2019 sebesar USD1,5 triliun.






    Laporan UNCTAD pun memperingatkan pelemahan lebih lanjut tahun ini. Sehingga menempatkan pemulihan dari pandemi covid-19 yang berisiko.

    "FDI 2020 (turun) lebih dari 30 persen di bawah palung setelah krisis keuangan global pada 2009 dan kembali pada tingkat yang terakhir terlihat pada 1990-an," tulis laporan itu, dilansir dari Xinhua, Senin, 25 Januari 2021.

    Data menunjukkan bahwa penurunan terkonsentrasi di negara maju, dengan aliran FDI turun 69 persen menjadi sekitar USD229 miliar. Ini merupakan level terendah dalam 25 tahun.

    Sementara itu arus ke Eropa benar-benar kering, turun dua pertiga hingga minus USD4 miliar. Sedangkan di Inggris, FDI turun ke nol, dan penurunan tercatat di negara utama Eropa lainnya. Penurunan tajam sebesar 49 persen menjadi USD134 miliar juga terjadi di Amerika Serikat.
     



    Read All




    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id