comscore

Xi Jinping: Tiongkok Bakal Tingkatkan Pembangunan Infrastruktur untuk Dorong Pertumbuhan

Angga Bratadharma - 10 Mei 2022 12:02 WIB
Xi Jinping: Tiongkok Bakal Tingkatkan Pembangunan Infrastruktur untuk Dorong Pertumbuhan
Presiden Tiongkok Xi Jinping. FOTO: AFP
Beijing: Presiden Tiongkok Xi Jinping mengatakan Tiongkok akan meningkatkan pembangunan infrastruktur untuk meningkatkan permintaan domestik dan mendorong pertumbuhan ekonomi ke depan. Meski demikian, hal itu tak mudah mengingat sejumlah risiko masih menghantui seperti kebangkitan covid-19 dan tekanan di sektor properti.

Mengutip The Business Times, Selasa, 10 Mei 2022, ekonomi terbesar kedua di dunia itu berisiko mengalami perlambatan tajam karena pembatasan covid-19 di sebagian besar negara itu menghantam belanja konsumen. Kemudian pasar properti tetap terperosok dalam penurunan, dan ekspor sepertinya akan melambat lebih lanjut.
Xi Jinping, dalam pertemuan ekonomi utama mengatakan investasi akan dimajukan untuk proyek-proyek infrastruktur yang bermanfaat bagi pertumbuhan industri dan untuk menjaga keamanan nasional. Adapun transportasi, energi, dan sumber daya air akan menjadi salah satu fokus.

"Pemerintah Tiongkok akan mempercepat pembangunan basis energi hijau dan rendah karbon, meningkatkan jaringan pipa minyak dan gas, dan membangun sejumlah bandara regional dan kargo," tambahnya.

Menurut pertemuan tersebut, jenis infrastruktur baru termasuk komputasi super, komputasi awan, platform kecerdasan buatan, dan broadband juga akan dimasukkan dalam dorongan pemerintah. Kebutuhan pembiayaan untuk proyek-proyek ini akan dipenuhi dan pengeluaran fiskal akan ditingkatkan.


Data menunjukkan investasi aset tetap tumbuh lebih baik dari yang diharapkan yakni 9,3 persen pada kuartal pertama dari tahun sebelumnya, dibantu oleh perpindahan untuk memuat obligasi khusus pemerintah daerah di 2022.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id