Arab Saudi Siap Pangkas Produksi Minyak secara Sukarela

    Angga Bratadharma - 07 Januari 2021 10:07 WIB
    Arab Saudi Siap Pangkas Produksi Minyak secara Sukarela
    Ilustrasi. FOTO: AFP
    Dubai: Arab Saudi menjanjikan pengurangan produksi minyak tambahan secara sukarela sebesar 1 juta barel per hari (bph) pada Februari dan Maret. Komitmen itu sebagai bagian dari kesepakatan dengan sebagian besar produsen OPEC+ yang mempertahankan tingkat produksi dalam menghadapi varian covid-19 baru

    "Arab Saudi akan melampaui pemotongan (produksi minyak) yang dijanjikan sebagai bagian (kesepakatan) dari kelompok produsen OPEC+ untuk mendukung ekonomi dan pasar minyaknya sendiri," kata Menteri Energi Pangeran Abdulaziz bin Salman, dilansir dari Channel News Asia, Kamis, 7 Januari 2021.

    "Jika ada satu cara untuk menggambarkan apa arti pemotongan sukarela bagi pasar, 'happy hour' adalah istilah yang cukup pas," kata Analis Rystad Energy Bjornar Tonhaugen dalam sebuah catatan.

    Kesepakatan -yang sebagian besar produsen akan mempertahankan produksinya- menyusul pembicaraan dua hari oleh OPEC+ dan OPEC. Dalam kesempatan itu, dua anggota yakni Rusia dan Kazakhstan diizinkan untuk meningkatkan produksi mereka dengan kombinasi 75 ribu barel per hari pada Februari dan 75 ribu barel per hari pada Maret.

    Adapun OPEC+ telah memperingatkan bahwa risiko bearish sedang meningkat karena ada implementasi kebijakan guna mengendalikan penyebaran covid-19 di seluruh benua termasuk mengambil langkah penguncian yang akhirnya berpotensi meredam kebangkitan permintaan minyak pada 2021.

    Pangeran Abdulaziz mendesak agar pihak terkait berhati-hati. Ia mencatat permintaan bahan bakar masih rapuh dan ada potensi dampak tak terduga dari kemunculan varian baru virus korona. Dia mengatakan pemotongan sukarela oleh Arab Saudi akan membantu mencegah penumpukan stok.

    Varian baru dari virus korona yang pertama kali dilaporkan di Inggris dan Afrika Selatan telah ditemukan di negara-negara di seluruh dunia. Produsen OPEC+ telah membatasi produksi guna mendukung harga dan mengurangi kelebihan pasokan sejak Januari 2017. Sedangkan volume April akan diputuskan pada pertemuan OPEC+ di awal Maret.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id