Pesanan Baru Industri Manufaktur Jerman Naik 2,8% di Juli

    Arif Wicaksono - 06 September 2020 10:49 WIB
    Pesanan Baru Industri Manufaktur Jerman Naik 2,8% di Juli
    Jerman. Foto : AFP.
    Berlin: Kantor Statistik Federal (Destatis) mengumumkan pesanan baru industri manufaktur Jerman pada Juli meningkat 2,8 persen dari Juni 2020.

    Destatis (BPS Jerman) melaporkan, dibandingkan dengan Februari, bulan sebelum langkah-langkah covid-19 termasuk penutupan sementara toko dan pabrik di Jerman, pesanan baru masih turun 8,2 persen.

    Juli adalah bulan ketiga berturut-turut di mana industri manufaktur Jerman mencatat lebih banyak pesanan meskipun kenaikannya tidak sebesar bulan-bulan sebelumnya. 

    Untuk Juni, revisi hasil sementara menghasilkan peningkatan sebesar 28,8 persen dibandingkan dengan Mei 2020. Kenaikan sementara sebesar 27,9 persen.

    "Menyusul kenaikan awal pada Mei dan pemulihan yang kuat pada Juni, proses mengejar ketertinggalan pesanan masuk di sektor manufaktur melambat," kata Kementerian Urusan Ekonomi dan Energi (BMWi), dikutip dari Xinhua, Minggu, 6 September 2020.

    Di industri otomotif, sektor industri terbesar di Jerman, order baru di Juli meningkat signifikan sebesar 8,5 persen dibandingkan dengan bulan sebelumnya. Namun demikian, pesanan yang masuk juga di bawah level pra-covid-19.

    "Meskipun pesanan dari pelanggan domestik pada Juli turun 10,2 persen, pesanan luar negeri meningkat 14,4 persen dari bulan sebelumnya," lapor Destatis.

    Merujuk pada jumlah pekerja jangka pendek yang lebih rendah dan ekspektasi bisnis perusahaan yang meningkat, BMWi berharap kenaikan permintaan terhadap industri baru di Jerman akan berlanjut selama beberapa bulan ke depan.

    Sebelumnya, Institut ifo Jerman mengumumkan bahwa jumlah pekerja jangka pendek di Jerman turun menjadi 4,6 juta pada Agustus, turun dari 5,6 juta pada Juli. Indeks iklim bisnis ifo terbaru, yang mewakili sentimen di kalangan eksekutif bisnis di Jerman, naik dari 90,4 poin pada Juli menjadi 92,6 poin pada Agustus.

    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id