G20 Sepakat Perpanjang Keringanan Utang bagi Negara Miskin

    Eko Nordiansyah - 15 Oktober 2020 10:20 WIB
    G20 Sepakat Perpanjang Keringanan Utang bagi Negara Miskin
    Bendera negara anggota G20 - - Foto: dok AFP
    Jakarta: Anggota G20 sepakat memperpanjang keringanan utang bagi negara miskin selama enam bulan ke depan. Artinya moratorium pembayaran utang bisa dilakukan hingga Juni tahun depan.

    Presiden Bank Dunia David Malpass mengatakan moratorium ini dimaksudkan untuk mengatasi kesenjangan fiskal yang dialami negara-negara termiskin. Ia berharap ada kemajuan dari sisi fiskal dan transparansi.

    "Jika mereka terus melakukan pembayaran utang, hal itu akan mengurangi pengeluaran kesehatan dan kemampuan mereka untuk menghadapi krisis," katanya dalam konferensi pers Annual Meetings 2020, Kamis, 15 Oktober 2020.

    Ia menjelaskan sudah ada diskusi tentang proses pengurangan utang tersebut agar beban utang negara miskin di masa depan dapat berkurang.

    "Itu sangat penting karena negara-negara termiskin membutuhkan cahaya diujung terowongan. Mereka perlu melihat cara agar di masa depan beban hutang berkurang," jelas dia.

    Ia menambahkan program Debt Service Suspension Initiative (DSSI) hanya menunda pembayaran utang tapi tidak mengurangi jumlah utang. Padahal pengurangan utang bisa sangat membantu negara-negara termiskin.

    "Penting bagi orang-orang di negara-negara termiskin untuk melihat pengurangan yang sebenarnya dalam jumlah utang, secercah harapan untuk masa depan. Jadi saya senang melihat G20 mendekati pengurangan utang. Saya pikir masih ada langkah-langkah lain yang diperlukan untuk mencapai keringanan utang yang berarti bagi yang paling miskin," pungkasnya.


    (Des)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id