Ekonomi Jepang Memburuk dalam 11 Tahun

    Arif Wicaksono - 08 Juli 2020 15:20 WIB
    Ekonomi Jepang Memburuk dalam 11 Tahun
    Jepang. Foto : AFP.
    Tokyo: Pemerintah Jepang kembali mengeluarkan pernyataan bahwa ekonominya pada Mei memburuk. Indeks kondisi bisnis turun ke level terendah dalam hampir 11 tahun.

    Menurut Kantor Kabinet Jepang, dikutip dari Xinhua, Rabu, 8 Juli 2020, indeks mengenai kondisi bisnis turun 5,5 poin dari April menjadi 74,6 pada Mei. Ini merupakan yang terburuk sejak 2009 setelah krisis keuangan global.

    Penurunan tersebut merupakan yang terbesar keempat sejak data yang sebanding tersedia pada Januari 1985. Sementara levelnya 74,6 adalah yang terendah ketujuh selama negara itu berdiri. Angka tersebut mundur selama empat bulan berturut-turut, menyusul penurunan 8,7 poin yang dicatat pada April.

    Menurut media lokal, data tersebut mencerminkan besarnya kejatuhan ekonomi dari keadaan darurat nasional terkait wabah covid-19.

    Pemerintah menyatakan keadaan darurat untuk Tokyo dan daerah perkotaan lainnya pada awal April dan kemudian diperluas mencakup seluruh negara.

    Pada masa darurat sampai 25 Mei, operasi bisnis ditutup. Orang-orang diminta untuk menahan diri melakukan perjalanan tidak penting di luar rumah untuk mencegah penyebaran virus lebih lanjut.

    Dengan munculnya kasus covid-19 baru di Tokyo dan daerah lainnya, kekhawatiran publik terhadap gelombang kedua infeksi kembali membebani pembukaan kembali operasi bisnis secara penuh.


    (SAW)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id