Bangkit dari Pailit, Wirecard Siap Lanjutkan Bisnis

    Antara - 28 Juni 2020 11:29 WIB
    Bangkit dari Pailit, Wirecard Siap Lanjutkan Bisnis
    Wirecard. Foto : AFP.
    Berlin: Wirecard, perusahaan pembayaran nontunai Jerman yang dilanda skandal akan melanjutkan kegiatan bisnis setelah mengajukan permohonan kepailitan. Administrator sementara akan segera ditunjuk oleh otoritas kehakiman.

    "Dewan manajemen berpendapat bahwa kelanjutan adalah demi kepentingan terbaik para kreditur," kata manajemen Wirecard dalam sebuah pernyataan dikutip dari Antara, Minggu, 28 Juni 2020.

    Wirecard kolaps setelah berutang kepada kreditur hampir USD4 miliar setelah terungkap 1,9 miliar euro yang tercatat di neraca keuangannya menghilang. Menurut auditor Ernst & Young (EY) adalah hasil dari penipuan global yang canggih.

    Pengajuan kepailitan tidak termasuk anak perusahaan Wirecard Bank, yang menyimpan sekitar 1,4 miliar euro (USD1,57 miliar) dalam bentuk deposito dan sudah di bawah manajemen darurat oleh BaFin, regulator perbankan Jerman.

    "Saat ini sedang ditinjau secara terus-menerus apakah permohonan kepalitan juga harus diajukan untuk anak perusahaan dari Wirecard Group," kata pernyataan itu.

    Perusahaan itu mengatakan banknya akan terus melakukan pembayaran kepada para pedagang (merchants). Pihaknya pun telah menghubungi regulator dan perusahaan-perusahaan kartu kredit.

    Otoritas Perilaku Keuangan Inggris (FCA) telah memberlakukan sejumlah persyaratan pada Wirecard, termasuk untuk tidak menjual aset-aset atau dana apa pun, dan tidak melakukan kegiatan yang diatur.

    Perusahaan mengatakan sedang dalam pembicaraan dengan FCA tentang unit Wirecard Card Solutions Ltd dan berharap akan menerapkan langkah-langkah yang memungkinkannya untuk melanjutkan operasi.

    Uni Eropa sedang menyelidiki BaFin atas keruntuhan Wirecard, suatu tindakan memalukan yang jarang terjadi pada Jerman beberapa hari sebelum akan mengambil alih kepresidenan bergilir Uni Eropa. Investor ingin tahu mengapa EY tidak menemukan masalah dalam keuangan Wirecard sebelumnya.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id