Donald Trump Bersikeras Blokir TikTok

    Arif Wicaksono - 26 Oktober 2020 15:54 WIB
    Donald Trump Bersikeras Blokir TikTok
    Tiktok. Foto ; AFP.
    San Francisco: Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump bersikeras perlunya melarang TikTok di negara itu karena masalah keamanan nasional. Hal ini ditegaskan dalam pengajuan pengadilan terbaru menjelang rencana pemblokiran aplikasi video itu pada 12 November 2020.

    Pengajuan tersebut dilakukan saat pengadilan mempertimbangkan legalitas tawaran pemerintah untuk membuat aplikasi milik Tiongkok ini "hilang" dari AS. Tiktok sejauh ini memiliki 100 juta pengguna.

    "Presiden tidak boleh dicegah untuk mengatur ancaman keamanan nasional hanya karena musuh asing menyelubungi aktivitasnya di dalam perusahaan media," kata pengajuan tersebut di pengadilan federal di Washington, dikutip dari Channel News Asia, Senin, 26 Oktober 2020.

    Trump berusaha membujuk hakim dalam kasus tersebut untuk segera melakukan pembatasan pada aplikasi TikTok, yang diklaimnya memiliki hubungan dengan Pemerintah Tiongkok melalui perusahaan induknya ByteDance.

    Pada September, perintah sementara mencegah pemerintah menghapus TikTok dari platform pengunduhan aplikasi seluler. Trump berusaha untuk melarang unduhan baru aplikasi tetapi terus mengizinkan penggunaan TikTok hingga 12 November.

    Hakim pada saat itu menolak permintaan TikTok untuk menangguhkan larangan pada 12 November, tetapi pengadilan belum mempertimbangkan manfaat dari argumen hukum tentang apakah platform sosial itu harus tetap tersedia di Amerika Serikat.

    TikTok telah berulang kali membela diri terhadap tuduhan transfer data ke pemerintah Tiongkok dengan mengatakan servernya, tempat informasi pengguna disimpan, berada di Amerika Serikat dan Singapura.

    Perusahaan juga mengatakan larangan itu tidak perlu karena negosiasi sedang berlangsung untuk merestrukturisasi kepemilikan TikTok untuk mengatasi masalah keamanan nasional oleh Pemerintah AS.

    Kesepakatan tentatif telah diumumkan yang akan menjadikan raksasa digital Oracle sebagai mitra teknologi untuk TikTok dan pemegang saham di entitas baru yang dikenal sebagai TikTok Global. 


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id