IMF Naikkan Proyeksi Ekonomi Global Jadi 6% di 2021

    Ade Hapsari Lestarini - 07 April 2021 08:53 WIB
    IMF Naikkan Proyeksi Ekonomi Global Jadi 6% di 2021
    Ilustrasi Gedung IMF. Foto: AFP.



    Washington: Dana Moneter Internasional (IMF) memproyeksikan ekonomi global akan tumbuh sebesar enam persen pada 2021. Berdasarkan Economic Outlook (WEO) terbaru, proyeksi tersebut naik 0,5 persen dari sebelumnya di perkiraan Januari pada level 5,5 persen.

    "Berkat kecerdikan komunitas ilmiah, ratusan juta orang divaksinasi. Ini diharapkan dapat mendorong pemulihan ekonomi di banyak negara akhir tahun ini," kata Kepala Ekonom IMF Gita Gopinath dalam jumpa pers virtual, dilansir dari Xinhua, Rabu, 7 April 2021.






    Dia mencatat ekonomi juga terus beradaptasi dengan cara kerja baru meskipun mobilitas berkurang. Selain itu ekonomi negara besar, terutama Amerika Serikat, telah meluncurkan dukungan fiskal tambahan, yang keduanya telah membantu meningkatkan prospek ekonomi global.

    Meskipun demikian, lanjut dia, masa depan dalam menghadapi tantangan ekonomi yang "menakutkan" masih menghantui. Menurut dia, pandemi belum bisa dikalahkan dan kasus virus meningkat di banyak negara.

    "Pemulihan juga sangat berbahaya di seluruh dan di dalam negara, karena ekonomi dengan peluncuran vaksin yang lebih lambat, dukungan kebijakan yang lebih terbatas, dan lebih bergantung pada pariwisata kurang berhasil," lanjutnya.

    Gopinath mengatakan kepada wartawan bahwa pembuat kebijakan perlu mengambil pendekatan yang disesuaikan dalam memberikan dukungan. Yakni dengan kebijakan yang disesuaikan dengan baik ke tahap pandemi, kekuatan pemulihan ekonomi, dan karakteristik struktural masing-masing negara.

    "Pemerintah perlu membangun kembali posisi fiskal setelah krisis ini. Harapannya adalah mereka akan membangun ke depan dengan lebih baik untuk memiliki ekonomi yang lebih inklusif, berkelanjutan, dan hijau," jelasnya.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id