Minyak Murah Bikin Harga Barang Impor Korea Selatan Jeblok

    Ade Hapsari Lestarini - 14 Mei 2021 13:01 WIB
    Minyak Murah Bikin Harga Barang Impor Korea Selatan Jeblok
    Ilustrasi Korsel. Foto: AFP/Ed Jones.



    Seoul: Bank Sentral Korea Selatan mencatat harga barang impor ke Korea Selatan (Korsel) mengalami penurunan pertama dalam lima bulan. Penurunan ini didukung harga minyak mentah yang lebih murah.

    Melansir Xinhua, Jumat, 14 Mei 2021, menurut Bank of Korea (BOK), indeks harga impor berdiri di 109,23 di April, turun 0,5 persen dari bulan sebelumnya. Itu adalah penurunan pertama dalam lima bulan sejak November tahun lalu.

     



    Hal itu terkait dengan penurunan harga minyak mentah dunia. Minyak mentah Dubai, yang menjadi patokan di Korea Selatan, rata-rata mencapai USD62,92 per barel pada April, turun 2,4 persen dari bulan sebelumnya.

    Apresiasi mata uang lokal terhadap dolar AS (greenback) juga berkontribusi pada harga impor yang lebih rendah. Harga untuk produk pertambangan impor merosot 1,3 persen, dan pembacaan untuk produk batu bara dan minyak menyusut 4,8 persen.

    Harga impor peralatan listrik, mesin dan produk kimia turun antara 0,5 persen dan 1,0 persen bulan lalu. Indeks harga ekspor masuk di 104,01 di April, naik 2,2 persen dari bulan sebelumnya. Indeks terus menguat selama lima bulan berturut-turut.

    Sementara harga komputer ekspor, perangkat elektronik dan optik melonjak 7,0 persen, dan angka untuk produk logam primer naik 3,3 persen.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id