Pengangguran di Singapura Naik Tertinggi dalam Satu Dekade

    Arif Wicaksono - 29 Juli 2020 17:51 WIB
    Pengangguran di Singapura Naik Tertinggi dalam Satu Dekade
    Singapura. Foto ; AFP.
    Singapura: Tingkat pengangguran Singapura secara keseluruhan naik pada kuartal kedua ke level tertinggi dalam lebih dari satu dekade. Hal ini karena lapangan pekerjaan menurun di tengah pandemi covid-19.

    Tingkat pengangguran keseluruhan naik menjadi 2,9 persen dari 2,4 persen pada kuartal sebelumnya, sementara total pekerjaan (tidak termasuk pekerja rumah tangga asing) jatuh lebih dari empat kali lipat, data awal dari Kementerian Tenaga Kerja (MOM).

    "Namun, tingkat pengangguran tetap lebih rendah dari puncak resesi sebelumnya selama krisis keuangan global dan SARS," tambah MOM dikutip dari Channel News Asia, Rabu, 29 Juli 2020.

    Tingkat pengangguran secara keseluruhan mencapai 3,3 persen pada kuartal ketiga 2009, selama krisis keuangan global, dan 4,8 persen pada kuartal ketiga 2003, di tengah wabah sindrom pernapasan akut (SARS) yang parah.

    Tingkat pengangguran penduduk, warga Singapura dan penduduk tetap, naik menjadi 3,9 persen pada kuartal kedua dari 3,3 persen pada kuartal sebelumnya. Sementara tingkat pengangguran warga Singapura meningkat dari 3,5 persen menjadi empat persen.

    "Ada 90.500 penduduk yang menganggur pada Juni 2020, di antaranya 79.600 adalah warga negara (singapura)," kata MOM.

    Singapura menerapkan lockdown dari 7 April hingga 1 Juni untuk mengekang penyebaran covid-19, dan memulai pembukaan kembali bertahap ekonominya pada 2 Juni. Singapura memasuki fase dua pembukaan kembali pada 19 Juni.  



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id