comscore

Fed: AS Bisa Hindari Resesi, tapi Suku Bunga Perlu Naik Cepat

Angga Bratadharma - 30 Juni 2022 13:03 WIB
Fed: AS Bisa Hindari Resesi, tapi Suku Bunga Perlu Naik Cepat
Ilustrasi. FOTO: AFP/MANDEL NGAN
New York: Seorang pejabat tinggi Federal Reserve mengatakan perekonomian Amerika Serikat (AS) akan melambat tahun ini. Akan tetapi The Fed harus tetap menaikkan suku bunga pinjaman dengan cepat guna meredam ledakan inflasi yang bisa memberi tekanan terhadap ekonomi.

"Resesi bukan kasus dasar saya saat ini. Saya pikir ekonomi kuat," kata Presiden Fed New York John Williams, dilansir dari The Business Times, Kamis, 30 Juni 2022.
Namun, dia mengatakan, pembuat kebijakan perlu menaikkan suku bunga secepatnya guna mengurangi tekanan inflasi dan mendapatkan suku bunga kebijakan utama menjadi 3,0-3,5 persen pada akhir tahun ini.

Dengan keluarga Amerika berjuang dalam menghadapi melonjaknya harga gas dan makanan, The Fed telah bergeser ke gigi tinggi dan menerapkan kenaikan suku bunga terbesar dalam hampir 30 tahun awal bulan ini untuk mencoba mendinginkan ekonomi dan mengendalikan inflasi.
Baca: Masyarakat Tidak Wajib Punya Aplikasi MyPertamina untuk Daftar BBM Subsidi

The Fed sejak Maret telah menaikkan suku bunga acuan 1,5 poin persentase, dari nol sejak awal pandemi Covid-19, dan diperkirakan mengumumkan kenaikan tiga perempat poin lagi pada pertemuan kebijakan Juli dengan kenaikan lebih lanjut akan segera datang.

Itu telah menimbulkan kekhawatiran kampanye untuk memadamkan inflasi tertinggi dalam empat dekade akan menjatuhkan ekonomi terbesar dunia ke dalam resesi. Tetapi Williams menggemakan pandangan optimistis yang hati-hati dari Ketua The Fed Jerome Powell dan mengatakan ada jalan ke depan untuk menghindari kontraksi.

"Saya memperkirakan pertumbuhan melambat tahun ini sedikit dibandingkan dengan apa yang kami miliki tahun lalu, dengan PDB meningkat 1,0 hingga 1,5 persen. Ini bukan resesi, ini adalah perlambatan yang perlu kita lihat dalam perekonomian untuk mengurangi tekanan inflasi dan menurunkan inflasi," pungkasnya.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id