Tiongkok Klaim Mampu Beri Tambahan Tenaga untuk Pemulihan Ekonomi Global

    Angga Bratadharma - 14 Mei 2021 14:18 WIB
    Tiongkok Klaim Mampu Beri Tambahan Tenaga untuk Pemulihan Ekonomi Global
    Ilustrasi. FOTO: SCMP



    Beijing: China International Consumer Products Expo (CICPE) diklaim menjadi platform baru untuk menunjukkan kesediaan Tiongkok dalam berbagi peluang pasar dengan dunia. Selain itu, berkontribusi pada pemulihan dan pertumbuhan ekonomi global, walau pandemi covid-19 masih merajalela sehingga membuat ekonomi dunia terpukul.

    Pameran empat hari itu, yang pertama kalinya berfokus pada barang-barang konsumen yang diadakan oleh Tiongkok, berakhir pada Senin waktu setempat di provinsi pulau selatan Hainan. Sebanyak 70 negara dan wilayah menghadiri pameran tersebut, yang menarik 2.628 merek dari 1.505 perusahaan dari dalam dan luar negeri dan lebih dari 240 ribu pengunjung.

     



    Mengutip Xinhua, Jumat, 14 Mei 2021, pameran ini mencakup 80 ribu meter persegi, termasuk 60 ribu meter persegi ruang pameran internasional yang menampilkan produk-produk termasuk jam tangan, kosmetik, perhiasan, mobil, kapal pesiar, pakaian, elektronik konsumen, makanan, dan produk kesehatan dari merek-merek terkemuka.

    Dengan pandemi covid-19 yang masih menyebar dan ekonomi dunia berada di jalur pemulihan yang rapuh dari resesi, pameran tersebut, yang mengumpulkan merek konsumen kelas atas global untuk memanfaatkan potensi pasar dari ekonomi terbesar kedua di dunia, dinilai akan menyuntikkan dorongan ke ekonomi global.

    Raksasa multinasional menghadiri pameran tersebut, mengamati potensi besar pasar Tiongkok, yang telah menjadi pasar konsumen paling menjanjikan di dunia dengan total populasi lebih dari 1,4 miliar dan lebih dari 400 juta orang berpenghasilan menengah.

    Menurut Biro Statistik Nasional, ketika ekonomi Tiongkok terus pulih dengan kokoh, penjualan ritel barang-barang konsumen, indikator utama kekuatan konsumsi negara, meningkat 33,9 persen secara tahun ke tahun (YoY) menjadi 10,5 triliun yuan pada kuartal pertama 2021.

    Meningkatnya permintaan konsumen Tiongkok untuk barang dan jasa konsumen kelas atas diharapkan berkembang secara substansial dan terus menerus, yang akan membawa tren dan peluang baru ke pasar global.

    Dekan Kehormatan National Development Research Institute of Peking University Justin Yifu Lin mengatakan Tiongkok memiliki syarat untuk menggandakan skala PDB pada 2035, atau meningkatkan tingkat pendapatan per kapita di perkotaan dan pedesaan. Ketika orang menjadi lebih kaya, permintaan mereka akan kehidupan yang lebih baik juga akan meningkat.

    "Pameran ini membawa peluang baru bagi merek-merek kelas atas global untuk memasuki dan memperluas pasar Tiongkok," kata Duta Besar Swiss untuk Tiongkok Bernardino Regazzoni.

    Dengan menghubungkan pasar domestik dan luar negeri, pameran ini juga akan membantu mendorong perkembangan paradigma baru 'sirkulasi ganda' yang memungkinkan pasar domestik dan luar negeri saling memperkuat, dengan pasar domestik sebagai andalan.

    Pameran tersebut menandai langkah maju dalam pembangunan pelabuhan perdagangan bebas Hainan ketika Tiongkok merilis rencana induk Juni lalu untuk membangun provinsi pulau itu menjadi pelabuhan perdagangan bebas tingkat tinggi yang berpengaruh secara global pada pertengahan abad ini.

    Hainan telah menerapkan serangkaian kebijakan preferensial seperti masuk bebas visa, belanja bebas bea lepas pantai, dan daftar impor bebas pajak, yang telah menyediakan saluran yang baik bagi merek luar negeri untuk memasuki pasar Tiongkok.

    "Imbauan dari expo tersebut menunjukkan efektivitas kebijakan pembukaan pelabuhan perdagangan bebas Hainan dan optimalisasi lingkungan bisnisnya. Mengandalkan pameran untuk mengembangkan pasar ritel pariwisata di Hainan akan semakin melepaskan potensi konsumsi Tiongkok," kata Presiden dan CEO L'Oreal Tiongkok Fabrice Megarbane.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id