Penjualan Online Cyber Monday Lampaui Penjualan Black Friday

    Arif Wicaksono - 01 Desember 2020 13:43 WIB
    Penjualan <i>Online Cyber Monday</i> Lampaui Penjualan <i>Black Friday</i>
    Cyber Monday. Foto ; AFP/Olivier.
    Washington: Cyber Monday diperkirakan meraih USD12,7 miliar dalam penjualan online. Hal ini melampaui penjualan digital saat Black Friday.

    Cyber Monday adalah istilah pemasaran yang mengacu pada Senin pertama setelah liburan Thanksgiving di Amerika Serikat (AS). Ini adalah acara belanja online 24 jam yang awalnya dibuat oleh pelaku bisnis untuk mendorong orang-orang berbelanja online dan sekarang sering disebut kepanjangan dari penjualan Black Friday.

    "Cyber Monday seharusnya (masih) menawarkan peluang besar untuk membuat perubahan besar dalam belanja," kata VP di Salesforce Rob Garf, dikutip dari Channel News Asia, Selasa, 1 Desember 2020.

    Secara tradisional, Cyber Monday dimulai dengan orang-orang yang mencari diskon online di tempat kerja dan pada hari besar promosi lainnya. Namun, popularitas hari belanja telah memudar dengan munculnya belanja online dan penawaran murah sepanjang tahun dari pengecer termasuk Amazon dan Walmart Inc.

    "Saya banyak berbelanja bahkan sebelum Black Friday. Saya merasa sebagian besar sudah dapat saya beli," kata Caroline McCormick (33).

    Acara belanja penting Black Friday, yang mencatat rekor penjualan online sekitar USD9 miliar, menurut Adobe, memperlihatkan jumlah pembeli yang lebih sedikit di toko karena mereka memanfaatkan penawaran awal dan menghindari keluar dari kerumunan besar.

    Cyber Monday tahun ini tidak hanya menempatkan penjual online seperti Amazon menawarkan diskon besar untuk mereknya sendiri, termasuk tongkat Fire TV, perangkat Echo, dan elektronik lainnya seperti PlayStations dan roombas, tetapi juga toko fisik seperti Lululemon Athletica dan Best Buy.

    "Saya melihat-lihat dan melakukan beberapa perbandingan belanja, tetapi Amazon cukup banyak mengalahkan segalanya," kata Bill Hon, (49), seorang juru masak yang tinggal di Crawfordsville, Indiana, yang memulai belanja liburannya selama acara Prime Day Amazon.

    Penjual memberikan penawaran selama dua bulan sejak Amazon.com mengadakan Prime Day pada Oktober, karena mereka memanfaatkan kesempatan ketika terjadi penutupan mal dan toko karena pandemi virus korona pada tahun ini.

    Perkiraan terbaru dari Adobe Analytics menunjukkan kesimpulan tahun ini untuk promosi akhir pekan Thanksgiving akan tetap menjadi hari penjualan online terbesar dalam sejarah, dengan pengeluaran berkisar antara USD10,8 miliar dan USD12,7 miliar.

    Apple juga mengadakan acara empat hari di situsnya yang berakhir pada Senin, menawarkan kartu hadiah senilai hingga USD150 untuk pembelian produk tertentu.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id