Negara Anggota G20 Kompak Cari Vaksin Korona

    Eko Nordiansyah - 27 Maret 2020 08:58 WIB
    Negara Anggota G20 Kompak Cari Vaksin Korona
    Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. FOTO: Kementerian Keuangan
    Jakarta: Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati menyebutkan para negara anggota G20 saat ini sama-sama fokus untuk mencegah penyebaran virus korona (covid-19). Bahkan negara-negara ini bekerja sama untuk bisa segera menemukan vaksin korona.

    Dalam pertemuan virtual negara anggota G20, seluruh negara dengan inisiasi para anggota G20 siap menggelontorkan dana untuk menemukan vaksin covid-19 berkolaborasi dengan Wolrd Health Organization (WHO) dan Global Alliance for Vaccines and Immunisation (GAVI).

    "Di antara menteri keuangan, ada indikatif alokasikan USD4 miliar yang dimobilisasi seluruh negara dunia terutama G20 untuk akselerasi riset dan temukan antivirus atau vaksin pandemi covid-19," kata dia, dalam video conference di Jakarta, Kamis, 26 Maret 2020.

    Fokus lainnya dari para anggota G20 adalah bagaimana menyediakan pasokan alat kesehatan yang saat ini banyak dibutuhkan. Dirinya menambahkan, tingginya kebutuhan alat kesehatan tidak hanya terjadi di Indonesia saja tetapi juga di Italia, Inggris, Eropa, dan Amerika Serikat.

    "Semua mengalami kekurangan alat kesehatan, termasuk APD, test kit dan ventilator. Saat ini diupayakan IMF-Bank Dunia akan melakukan dukungan resources agar perusahaan yang bsia menghasilkan itu bisa mendapat prioritas sehingga supply alat kesehatan ke seluruh dunia bisa ditingkatkan," ungkapnya.

    Sri Mulyani menjelaskan industri di Indonesia sebenarnya bisa mengambil kesempatan ini untuk menyuplai alat kesehatan yang diperlukan. Meski begitu, para negara anggota G20 juga saling berkomunikasi demi mencegah penyebaran covid-19 ini semakin meluas kedepannya.

    "Indonesia memiliki kapasitas menyuplai termasuk hand sanitizer dan lain-lain. Kemudian negara saling memelajari apa yang dilakukan negara lain, sehingga negara-negara yang mulai terjangkit bisa melakukan penanganan penyebaran covid-19 secara lebih efektif," pungkas dia.

     



    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id