Semester I, Pendapatan Huawei Naik 13,1%

    Arif Wicaksono - 14 Juli 2020 12:28 WIB
    Semester I, Pendapatan Huawei Naik 13,1%
    Huawei. Foto ; AFP.
    Shenzen: Huawei Technologies, perusahaan telekomunikasi dan pembuat smartphone terbesar kedua di dunia, melaporkan kenaikan pendapatan 13,1 persen pada semester pertama tahun ini. Hal ini menunjukkan pertumbuhan yang lebih lambat karena tekanan kepada pemasok dan pelanggan perusahaan oleh pejabat Amerika Serikat.

    Pendapatan naik 13,1 persen menjadi 454 miliar yuan (USD64,90 miliar) pada semester pertama tahun ini, dibandingkan dengan tahun sebelumnya sebesar 401,3 miliar yuan. Namun tingkat pertumbuhan perusahaan turun dari 23,2 persen pada semester pertama 2019.

    "Margin laba bersih adalah 9,2 persen, naik dari 8,7 persen pada semester pertama 2019," kata Huawei dikutip dari Channel News Asia, Selasa, 14 Juli 2020.

    Perusahaan juga mencatat kenaikan bahkan ketika pejabat Amerika telah memberikan tekanan yang meningkat pada pemasok dan pelanggan perusahaan. Perusahaan menjual peralatan jaringan 5G ke operator dan ponsel pintar serta laptop ke konsumen.

    Pejabat Amerika menempatkan Huawei pada daftar hitam pada Mei tahun lalu, membatasi penjualan perusahaan barang buatan AS seperti semikonduktor kepada Huawei, Huawei terus merancang chip sendiri dan membuatnya diproduksi oleh Taiwan Semiconductor Manufacturing dan lain-lain.

    Pada Mei, para pejabat AS mengumumkan aturan baru yang bertujuan membatasi kemampuan Huawei untuk memasok sendiri chip, kemampuan yang sangat penting untuk menjual perangkat jaringan 5G.

    Hasil semester pertama menunjukkan pertumbuhan yang lebih cepat daripada hasil kuartal pertama Huawei yang dirilis pada bulan April.Untuk kuartal pertama, pendapatan naik sekitar satu persen menjadi 182,2 miliar yuan, dibandingkan pertumbuhan 39 persen yang dibukukan setahun sebelumnya.

    "Margin laba bersih pada kuartal pertama menyempit menjadi 7,3 persen dari sekitar delapan persen setahun sebelumnya," kata Huawei.

    Huawei tidak melaporkan pengiriman unit telepon. Perusahaan riset IDC melaporkan Huawei adalah pembuat ponsel terbesar kedua pada kuartal pertama 2020, dengan 17,8 persen pangsa pasar, di belakang Samsung Electronics dan di depan Apple.



    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id