Harga Minyak Dunia Mulai 'Bergairah'

    Angga Bratadharma - 10 September 2020 08:29 WIB
    Harga Minyak Dunia Mulai 'Bergairah'
    Ilustrasi. FOTO: AFP
    New Yor: Harga minyak dunia pada perdagangan Rabu waktu setempat (Kamis WIB) melonjak karena pasar mencoba untuk pulih dari kerugian yang cukup besar di sesi sebelumnya. Namun sayangnya, sentimen negatif berupa pandemi covid-19 masih menjadi persoalan di pasar minyak.

    Mengutip Xinhua, Kamis, 10 September 2020, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Oktober naik USD1,29 menjadi USD38,05 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara minyak mentah Brent untuk pengiriman November naik USD1,01 menjadi USD40,79 per barel di London ICE Futures Exchange.

    Pergerakan tersebut mengikuti penurunan yang terlihat di sesi sebelumnya yang melihat WTI dan Brent masing-masing tenggelam 7,6 persen dan 5,3 persen.

    Analis Energi Commerzbank Research Eugen Weinberg menjelaskan kondisi itu terutama sekali lagi disebabkan oleh penghindaran risiko yang lebih tinggi di antara para pelaku pasar yang melihat pasar saham berada di bawah tekanan yang cukup besar.

    "Ada peningkatan skeptisisme di pasar minyak mengenai apakah permintaan akan terus pulih seperti yang diharapkan dalam beberapa bulan mendatang," kata Weinberg, seraya mencatat ada juga risiko dari sisi pasokan jika OPEC tidak bereaksi terhadap pelemahan harga yang diperbarui.

    Terlepas dari penurunan baru-baru ini, harga minyak telah naik secara signifikan sejak April, didukung oleh pengurangan produksi yang terkoordinasi dan sukarela oleh Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya.

    Di sisi lain, bursa saham Amerika Serikat berakhir lebih tinggi pada akhir perdagangan Rabu waktu setempat (Kamis WIB), kembali pulih usai kerugian besar baru-baru ini. Meski demikian, para investor terus mencermati pergerakan kasus infeksi covid-19 yang terus naik di AS.

    Indeks Dow Jones Industrial Average melonjak 439,58 poin atau 1,60 persen menjadi 27.940,47. Sedangkan S&P 500 naik 67,12 poin atau 2,01 persen menjadi 3.398,96. Indeks Komposit Nasdaq meningkat 293,87 poin atau 2,71 persen menjadi 11.141,56 poin.

    Keuntungan datang karena sektor teknologi kembali bangkit. Saham Tesla melonjak hampir 11 persen, menjadi yang berkinerja terbaik. Saham Tesla sebelumnya anjlok lebih dari 21 persen. Saham raksasa teknologi lain seperti Apple, Microsoft, Facebook dan Amazon juga ditutup lebih tinggi.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id