Amazon Naikkan Gaji Minimum di Jerman Jadi 12 Euro/Jam

    Arif Wicaksono - 13 Juni 2021 14:16 WIB
    Amazon Naikkan Gaji Minimum di Jerman Jadi 12 Euro/Jam
    Amazon. Foto : AFP.



    Frankfrut: Amazon akan menjamin upah entry-level di gudang Jermannya sebesar 12 euro (USD15) per jam untuk menghadapi pertempuran jangka panjang dengan serikat pekerja papan atas.

    Dikutip dari Channel News Asia, Minggu, 13 Juni 2021, Jerman adalah pasar terbesar Amazon setelah Amerika Serikat. Serikat pekerja Verdi, asosiasi pekerja di bidang perdagangan di Jerman,  telah mengorganisir pemogokan di Amazon di Jerman sejak 2013 untuk memprotes upah rendah dan kondisi buruk para pekerja.

     



    Upah Amazon melebihi upah minimum Jerman saat ini sebesar 9,50 euro per jam. Tetapi para pekerja secara teratur melakukan pemogokan, seperti tahun lalu bertepatan dengan acara promosi "Hari Perdana" global perusahaan senilai USD1,6 triliun. Mereka tidak puas bonus sebagai dampak virus korona telah dihapus.

    Seorang pejabat Verdi mengatakan bahwa kenaikan itu adalah yang terkecil yang bisa dilakukan perusahaan, setelah menghasilkan cukup banyak uang dalam beberapa bulan terakhir dan gaji itu masih kurang dari tuntutannya bagi banyak karyawan.

    Amazon yang mengalami kenaikan laba bersih menjadi USD8,1 miliar pada kuartal pertama, lebih dari tiga kali lipat dari USD2,5 miliar tahun sebelumnya, telah menghadapi kritik serupa atas kondisi dan pembayaran di seluruh dunia.

    Seorang juru bicara Amazon di Jerman mengatakan semua karyawan akan mendapatkan kenaikan gaji, dan Amazon mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa kenaikan lebih lanjut dijadwalkan untuk masa depan.


    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id