Bukan Shiba Inu, Elon Musk Kantongi 3 Kripto Ini

    Cindy - 28 Oktober 2021 16:34 WIB
    Bukan Shiba Inu, Elon Musk Kantongi 3 Kripto Ini
    CEO Tesla Elon Musk. Foto Peter Parks AFP



    Jakarta: Orang terkaya di dunia, Elon Musk, memiliki pengaruh besar di dunia uang kripto (cryptocurrency). Satu cuitannya di Twitter bisa membuat harga uang kripto meroket atau terjun bebas. 

    Elon Musk sebelumnya sempat mengunggah foto anjingnya bernama Floki Frunkpuppy pada Senin, 4 Oktober 2021. Floki merupakan anjing jenis Shiba Inu. 

     



    Cuitan itu membuat kripto berlambang Shiba Inu seperti Doge Coin dan Shiba Inu (SHIB) meroket. Besarnya pengaruh Elon Musk di dunia kripto membuat salah satu pengikutnya di Twitter, @ShibaInuHodler menanyakan berapa banyak koin digital SHIB yang dimiliki pada Senin, 25 Oktober 2021. 

    Elon mengaku tidak memegang kripto Shiba Inu sama sekali. Cuitan itu sempat membuat harga kripto Shiba Inu anjlok dari US$0.00003671 per koin (Rp0,52 per koin kurs hari ini Rp14.209) menjadi US$0.00003479 (Rp.0,49). 

    Cuitan Elon Musk di Twitter berpengaruh besar pada cryptocurrency. Twitter
    Cuitan Elon Musk di Twitter berpengaruh besar pada cryptocurrency. Twitter.

    CEO Tesla itu mengaku hanya mengantongi kripto Bitcoin, Ethereum, dan Doge. Kemudian dia menasehati pengikutnya untuk tidak mempertaruhkan semuanya di kripto. 

    "Nilai sejati ialah membangun produk dan memberikan layanan kepada sesama manuia, bukan uang dalam bentuk apa pun," tulis Elon Musk di Twitter, Kamis, 28 Oktober 2021. 

    Dia menjelaskan alasan mendukung Doge Coin, koin digital yang terispirasi dari meme lelucon pada 2013. Banyak orang di sekitar nya mengantongi kripto itu. 

    "Banyak orang yang saya ajak bicara mulai dari jalur produksi di Tesla hingga pembuat roket di SpaceX memiliki Doge," cuitnya. 

    "Mereka bukan ahli keuangan atau ahli teknologi Silicon Valley. Itu sebabnya saya memutuskan untuk mendukung Doge, rasanya seperti kripto milik banyak orang," lanjut Elon Musk. 

    Baca: Pasar Kripto Merosot, Harga Shiba Inu Malah Meroket

    Harga kripto Shiba Inu meroket


    Meski begitu, harga kripto Shiba Inu meroket tinggi hari ini, 28 Oktober 2021. Hingga berita ini dinaikkan Shiba Inu naik 36,63 persen di level US$0.00007065 per koin (Rp1 per koin).

    Kenaikan itu atas kontribusi Elon Musk yang hadir dalam salah satu acara bersama CEO Twitter Jack Dorsey pada Selasa, 26 Oktober 2021. Elon Musk mengharapkan Shiba Inu naik mencapai US$1.20 di akhir Oktober 2021. 

    Dilansir dari Cryptopolitan, harapan tinggi dari Elon Musk dianggap tidak mungkin. Ahli keuangan mengklaim bahwa Shiba Inu tidak memiliki kapitalisasi pasar yang diperlukan untuk mencapai angka US$1 begitu cepat. 

    Shiba inu merupakan kripto jenis altcoin atau kripto alternatif. Cryptocurrency bisa menjadi investasi yang sangat fluktuatif secara umum, tapi para ahli menilai altcoin bisa lebih dari itu. 
     
    Sementara itu, kripto masih dilarang sebagai alat bayar di Indonesia. Aset kripto diregulasi oleh Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (Bappebti) Kementerian Perdagangan lewat Peraturan Bappebti Nomor 2 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Pasar Fisik Komoditi di Bursa Berjangka. 
     
    Dalam aturan itu, kripto menjadi komoditas bursa berjangka. Sehingga, tak masalah selama digunakan sebagai investasi maupun komoditas yang diperjualbelikan pelaku pasar. 

    (MBM)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id