UE-AS Siap Kaji Tarif Baja yang Diberlakukan Era Trump

    Angga Bratadharma - 22 Mei 2021 12:02 WIB
    UE-AS Siap Kaji Tarif Baja yang Diberlakukan Era Trump
    Ilustrasi. FOTO: John Thys/AFP



    London: Uni Eropa (UE) dan Amerika Serikat (AS) berencana memulai pembicaraan untuk membahas tarif baja yang diberlakukan oleh Washington DC selama masa kepresidenan Donald Trump. Pembahasan ini dengan harapan bisa mencapai kata sepakat demi memajukan perekonomian di kedua belah pihak.

    Dalam pernyataan bersama, dilansir dari CNBC International, Sabtu, 22 Mei 2021, perwakilan perdagangan AS dan Eropa mengatakan mereka mencari cara untuk menemukan solusi sebelum akhir tahun yang akan mengatasi kelebihan kapasitas di sektor baja. Masalah ini telah membebani hubungan trans-Atlantik selama lebih dari dua tahun.

     



    AS memberlakukan tarif 25 persen untuk baja Eropa dan tarif 10 persen untuk aluminium pada Juni 2018 dengan alasan keamanan nasional. Uni Eropa menentang langkah tersebut dari awal dan setelah beberapa upaya gagal untuk mencapai kesepakatan dengan pemerintahan Trump, akhirnya Eropa membawa kasus tersebut ke Organisasi Perdagangan Dunia.

    Imbasnya, Uni Eroa memberlakukan tindakan pembalasan hingga 6,4 miliar euro (USD7,78 miliar) dari ekspor AS. Produk yang ditargetkan UE termasuk wiski Bourbon, selai kacang, dan jus jeruk.

    Dari jumlah ini, UE pertama-tama menargetkan 2,8 miliar euro ekspor AS dan mengatakan akan menerapkan sisa 3,6 miliar euro tiga tahun kemudian atau setelah hasil positif di WTO. Tarif tahap kedua ini diharapkan mulai berlaku pada Juni.

    Komisi Eropa mengkonfirmasi bahwa mereka untuk sementara waktu menangguhkan pengenaan tarif tambahan yang jatuh tempo pada Juni karena pembicaraan dilanjutkan mengenai kemungkinan kesepakatan. "Tujuan bersama kami adalah untuk mengakhiri sengketa WTO setelah penerapan tarif AS pada impor dari UE," kata juru bicara Komisi Eropa.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id