Pemulihan Ekonomi Global Akibat Pandemi Setidaknya Butuh Dua Tahun

    Ade Hapsari Lestarini - 14 Mei 2021 13:42 WIB
    Pemulihan Ekonomi Global Akibat Pandemi Setidaknya Butuh Dua Tahun
    Ilustrasi kegiatan ekonomi di Yunani. Foto: AFP.



    Athena: Pemulihan ekonomi global akibat pandemi covid-19 akan memakan waktu setidaknya dua tahun. Demikian disampaikan para pejabat dan ahli dalam forum ekonomi yang diadakan di Athena dan secara virtual.

    "Pemulihan akan memakan waktu. Perekonomian tidak dapat dimulai hanya dengan menekan sebuah tombol. Ini akan memakan waktu dua tahun," kata ekonom pemenang Nobel Inggris-Siprus Christopher Pissarides, saat berpidato di Delphi Economic Forum VI, dilansir dari Xinhua, Jumat, 14 Mei 2021.

     



    "Kami akan kembali normal paling lambat pada 2024," kata Mantan Komisaris Eropa untuk Anggaran dan Sumber Daya Manusia, Gunther Oettinger.

    Seorang profesor ilmu ekonomi dan politik di Universitas California, Berkeley, Barry Eichengreen, menambahkan, dibandingkan dengan krisis keuangan yang meletus pada 2008, pemulihan kali ini akan lebih cepat, tetapi tidak seperti menghidupkan sakelar.

    "Krisis covid-19 akan menjadi 'krisis V.' Pemulihan besar akan mengikuti resesi yang dalam," ujar dia.

    Menteri Keuangan Luksemburg Pierre Gramegna mengatakan kepada forum tersebut, memperingatkan bahwa pemerintah tidak boleh mengulangi kesalahan dalam pengelolaan krisis 2008.

    Pada krisis sebelumnya, diakuinya terburu-buru untuk memulihkan anggaran, tetapi sekarang investasi harus ditekankan.

    "Krisis ini merupakan akselerator yang hebat dari ekonomi Eropa dan dunia. Ini memperkuat hal-hal yang kami anggap penting," tambah Ketua Komisi Trilateral Eropa dan mantan Presiden Bank Sentral Eropa, Jean-Claude Trichet, dalam pidatonya.

    Dia menjelaskan, ini adalah peringatan yang membantu mengungkap kelemahan ekonomi dan mempercepat tren yang mendasarinya, seperti digitalisasi. Trichet menekankan krisis tersebut juga menyoroti pentingnya kerja sama internasional untuk mengatasinya.

    Lebih dari 1.000 pembicara tamu dari 40 negara mengambil bagian dalam forum yang dimulai pada Senin dan berlangsung hingga Sabtu. Agendanya adalah tema-tema seperti ekonomi global, perubahan iklim, teknologi, dan kesehatan.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id