Resesi AS akan Terjadi di 2021 Jika Ekonomi Dibuka Kembali

    Ade Hapsari Lestarini - 11 Mei 2020 07:24 WIB
    Resesi AS akan Terjadi di 2021 Jika Ekonomi Dibuka Kembali
    Foto: AFP.
    Washington: Seorang pejabat senior Federal Reserve AS memperingatkan bahwa Amerika Serikat (AS) dapat jatuh ke dalam resesi lagi pada 2021 jika perekonomian dibuka kembali terlalu cepat.

    "Skenario yang kurang optimistis adalah kita membuka terlalu cepat dan melihat gelombang kedua virus yang signifikan. Ini akan menjadi bencana kesehatan, tetapi juga akan membalikkan pemulihan," kata Presiden Bank Federal Reserve Philadelphia Patrick Harker kepada Chicago Dewan Urusan Global melalui wawancara daring, dilansir dari Xinhua, Senin, 11 Mei 2020.

    Dalam skenario yang kurang penuh harapan ini, dirinya memproyeksikan jalur pertumbuhan yang sama dengan garis dasar di 2020. Diikuti oleh kontraksi ekonomi yang menyakitkan dari PDB (Produk Domestik Bruto) pada 2021.

    Jika ekonomi sebagian besar dibuka pada Juni dan tidak ada gelombang kedua virus pada musim gugur, Harker mengharapkan rebound ekonomi yang signifikan pada paruh kedua tahun ini setelah terkontraksi parah pada kuartal kedua.

    "Namun, rebound babak kedua tidak cukup untuk sepenuhnya mengimbangi kontraksi di kuartal satu dan kuartal dua, 2021 kemudian akan menunjukkan pertumbuhan PDB tahunan di atas tren," jelasnya.

    "Sampai virus itu terkendali, bahkan ketika lebih banyak negara bagian secara bertahap membuka ekonomi, kita berharap ekonomi berkinerja di bawah relatif," tambah pejabat The Fed ini.

    PDB riil AS pada kuartal pertama berkontraksi pada tingkat tahunan 4,8 persen di tengah covid-19. Departemen Perdagangan AS mencatat ini merupakan penurunan kuartalan terbesar sejak krisis keuangan 2008.



    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id