comscore

Lagarde: ECB Siap Naikkan Suku Bunga dengan Cepat Jika Inflasi Terus Naik

Angga Bratadharma - 29 Juni 2022 12:02 WIB
Lagarde: ECB Siap Naikkan Suku Bunga dengan Cepat Jika Inflasi Terus Naik
Presiden European Central Bank Christine Lagarde. FOTO: √Čric Piermont/AFP
Brussels: Presiden European Central Bank (ECB) Christine Lagarde mengecilkan kekhawatiran tentang resesi di zona euro. Bahkan, ia mengklaim timnya siap untuk menaikkan suku bunga pada kecepatan yang lebih cepat jika diperlukan apabila inflasi terus bergerak naik lebih tinggi.

Pejabat bank sentral berkumpul di Portugal untuk konferensi tahunan mereka, dengan fokus pada harga konsumen yang muncul. Zona euro diperkirakan melihat tingkat inflasi utama sebesar 6,8 persen di tahun ini atau jauh di atas target ECB sebesar dua persen.
Ini terjadi pada saat para ekonom menilai apakah zona euro akan lolos dari resesi tahun ini atau tidak. Kawasan ini telah mengalami tingkat pertumbuhan yang memburuk di tengah krisis energi, sanksi terhadap Rusia, dan kerawanan pangan.

"Kami telah secara nyata merevisi turun perkiraan kami untuk pertumbuhan dalam dua tahun ke depan. Tapi kami masih mengharapkan tingkat pertumbuhan positif karena penyangga domestik terhadap hilangnya momentum pertumbuhan," kata Lagarde, dilansir dari CNBC International, Rabu, 29 Juni 2022.

Bank sentral Eropa mengadakan pertemuan darurat awal bulan ini untuk mengumumkan alat baru yang ditujukan guna mengatasi risiko fragmentasi di zona euro. Namun, pelaku pasar dibiarkan bertanya-tanya tentang waktu dan besarnya mekanisme tersebut.
Baca: Lagarde: Pemulihan Ekonomi Mungkin Tertunda, Tetapi Tidak Boleh Tergelincir

Investor khawatir tentang inflasi yang tinggi dan telah melacak dengan cermat apa yang dikatakan dan dilakukan ECB. Investor juga mewaspadai tingginya tingkat utang di Eropa, khususnya di Italia, dan bagaimana kembalinya ke kebijakan moneter yang lebih ketat dapat menjadi kendala keuangan bagi perekonomian ini.

"Jika prospek inflasi tidak membaik, kami akan memiliki informasi yang cukup untuk bergerak lebih cepat. Komitmen ini, bagaimanapun, bergantung pada data," kata Lagarde.

Kepala Ekonom Global UniCredit Erik Nielsen tidak mengharapkan forum tahun ini untuk mengatasi kesenjangan antara tingkat utang publik, tetapi untuk lebih fokus pada masa depan kebijakan moneter. "Bisakah Anda benar-benar menaikkan suku bunga ke dalam resesi bahkan jika inflasi tinggi? Itu akan menjadi tidak biasa," pungkasnya.

(ABD)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id