Pertama Kalinya di Bawah Biden, AS-Tiongkok Diskusi Masalah Perdagangan

    Nia Deviyana - 27 Mei 2021 13:29 WIB
    Pertama Kalinya di Bawah Biden, AS-Tiongkok Diskusi Masalah Perdagangan
    Perwakilan perdagangan AS dan Tiongkok mengadakan panggilan telepon pertama mereka untuk pertama kalinya di bawah pemerintahan Presiden AS Joe Biden. Foto: AFP



    Beijing: Kementerian Perdagangan Tiongkok melaporkan bahwa perwakilan perdagangan AS dan Tiongkok mengadakan panggilan telepon pertama mereka pada hari ini, Kamis, 27 Mei 2021 di bawah pemerintahan Presiden AS Joe Biden.

    Berdasarkan keterangan Kementerian yang dilansir dari CNBC International, Perwakilan Dagang AS Katherine Tai dan Wakil Perdana Menteri Tiongkok Liu He melakukan percakapan yang "jujur, pragmatis, dan konstruktif."

     



    Sayangnya, pernyataan itu tidak merinci detail apa pun tentang perkembangan perdagangan, atau apakah tarif yang diterapkan di bawah pemerintahan Trump akan dibatalkan.

    Namun, kementerian mengatakan kedua belah pihak setuju untuk berkomunikasi lebih lanjut dan menyebut langkah tersebut sebagai salah satu sikap "saling menghormati". Beijing sering menggunakan ungkapan tersebut ketika menyerukan komunikasi yang lebih menguntungkan dengan AS.

    Dalam pernyataan terpisah, kantor USTR mengatakan Katherine membahas "kebijakan perdagangan yang berpusat pada pekerja pemerintah dan peninjauannya yang sedang berlangsung tentang hubungan perdagangan AS-Tiongkok, serta mengangkat masalah yang menjadi perhatian."

    Pernyataan itu tidak merinci kekhawatiran mana yang diangkat selama panggilan telepon, hanya menambahkan bahwa Katherine menantikan diskusi lebih lanjut dengan Liu.

    Awal pekan ini, Peterson Institute for International Economics yang berbasis di AS mengatakan pembelian barang-barang AS oleh Tiongkok masih kurang dari jumlah yang disepakati berdasarkan perjanjian perdagangan fase satu yang ditandatangani pada Januari 2020.
     

    (DEV)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Komentar

    LOADING
    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id