Manufaktur AS Naik per Desember 2020

    Arif Wicaksono - 06 Januari 2021 15:02 WIB
    Manufaktur AS Naik per Desember 2020
    Amerika Serikat. Foto : AFP.
    Washington: Institute for Supply Management (ISM) mencatat sektor manufaktur Amerika Serikat (AS) mengalami pertumbuhan yang kuat per Desember 2020. Pertumbuhan ini terjadi di tengah melonjaknya kasus covid-19.

    Indeks Manajer Pembelian (PMI) berdiri di 60,7 persen atau naik 3,2 poin dibandingkan November 2020. Angka ini menandai level tertinggi sejak Agustus 2018. Setiap angka di atas 50 persen mengindikasikan sektor manufaktur secara umum berkembang.

    PMI Desember menunjukkan ekspansi ekonomi secara keseluruhan selama delapan bulan berturut-turut setelah mengalami kontraksi pada Maret, April, dan Mei.

    "Anggota Komite Survei melaporkan bahwa perusahaan dan pemasok mereka terus beroperasi di pabrik yang dikonfigurasi ulang, tetapi ketidakhadiran, penutupan jangka pendek untuk membersihkan fasilitas dan kesulitan dalam kembali dan mempekerjakan pekerja menyebabkan ketegangan yang membatasi potensi pertumbuhan manufaktur," kata Timothy Fiore, ketua komite survei bisnis manufaktur ISM, dikutip dari Xinhua, Rabu, 6 Januari 2020.

    Fiore mencatat bahwa sentimen panel tetap optimistis (tiga komentar positif untuk setiap komentar hati-hati) dengan adanya peningkatan dibandingkan dengan November.

    Sarah House dan Tim Quinlan, ekonom senior di Wells Fargo Securities, menulis dalam sebuah analisis bahwa mereka memperkirakan aktivitas manufaktur akan tetap menjadi titik terang dalam prospek jangka pendek.

    (SAW)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id