comscore

Otoritas Tiongkok Minta Ant Group untuk Kembali ke Bisnis Layanan Pembayaran

Arif Wicaksono - 27 Desember 2020 18:16 WIB
Otoritas Tiongkok Minta Ant Group untuk Kembali ke Bisnis Layanan Pembayaran
Ant Grup. Foto ; AFP.
Beijing: Regulator Tiongkok memberikan berbagai persyaratan pada Ant Group untuk kembali ke bisnis asalnya sebagai penyedia layanan pembayaran. Serta mereformasi layanan pinjaman, asuransi serta wealth management yang berusaha dikembangkan anak usaha Alibaba itu.

"Ant harus menyadari beratnya dan perlunya merestrukturisasi bisnisnya, dan membuat rencana dan jadwal sesegera mungkin," kata Bank Sentral Tiongkok dikutip dari Xinhua, Minggu, 27 Desember 2020.
Perusahaan yang berbasis di Hangzhou juga perlu mendirikan perusahaan induk keuangan untuk memastikan kecukupan modal dan kepatuhan dalam transaksi sambil melindungi privasi data pribadi dalam layanan penilaian kreditnya.

Pihak berwenang juga mengecam Ant karena apa yang mereka katakan sebagai tata kelola perusahaan yang buruk, meremehkan persyaratan kepatuhan regulator, dan terlibat dalam arbitrase regulasi. Bank Sentral Tiongkok mengatakan Ant menggunakan dominasinya untuk menyingkirkan saingan sekaligus merugikan kepentingan konsumen.

Tiongkok memulai penyelidikan atas dugaan praktik monopoli di Alibaba Group Holding dan memanggil induk Ant ke pertemuan tingkat tinggi mengenai peraturan keuangan, meningkatkan pengawasan atas bisnis dari miliarder Jack Ma tersebut.

Jack Ma, Ma Huateng, dan taipan lainnya sekarang di bawah pengawasan setelah mereka berhasil mengumpulkan ratusan juta pengguna dan mendapatkan pengaruh di hampir setiap aspek kehidupan sehari-hari di Tiongkok.

Sementara itu, regulator, termasuk China Banking and Insurance Regulatory Commission, sedang mempertimbangkan bisnis mana yang harus diserahkan oleh Ant untuk mengendalikan risiko yang ditimbulkannya terhadap ekonomi, kata pejabat yang mengetahui masalah tersebut.

 Mereka belum memutuskan apakah akan membuat jalur operasi yang berbeda, membagi layanan online dan offline, atau sama sekali berada dalam jalur yang berbeda.


(SAW)

Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

 

 

 

Komentar

LOADING
Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

  1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
  2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
  3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
  4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

Anda Selesai.

Powered by Medcom.id