Optimisme Vaksin Covid-19 Buat Harga Minyak Dunia Melonjak

    Angga Bratadharma - 24 November 2020 08:01 WIB
    Optimisme Vaksin Covid-19 Buat Harga Minyak Dunia Melonjak
    Ilustrasi. FOTO: AFP
    New York: Harga minyak dunia naik pada akhir perdagangan Senin waktu setempat (Selasa WIB), karena suasana risk-on mendominasi pasar. Berita tentang kandidat vaksin covid-19 yang disebut efektif hampir 95 persen membuat para pedagang optimistis dan imbasnya harga minyak dunia menggeliat.

    Kondisi risk-on menggambarkan pelaku pasar sedang optimistis terhadap prospek kondisi perekonomian yang semakin membaik. Artinya para pedagang ataupun investor cenderung mengalihkan modalnya ke instrumen finansial yang memberikan imbal hasil tinggi.

    Mengutip Xinhua, Selasa, 24 November 2020, West Texas Intermediate (WTI) untuk pengiriman Januari naik 64 sen menjadi USD43,06 per barel di New York Mercantile Exchange. Sementara minyak mentah Brent untuk pengiriman Januari naik USD1,1 menjadi USD46,06 per barel di London ICE Futures Exchange.

    "Pasar minyak optimistis karena minggu baru sedang berlangsung," kata Analis Energi Commerzbank Research Eugen Weinberg.

    Weinberg mengatakan harapan vaksin menempatkan pelaku pasar dalam suasana hati yang positif tentang permintaan. Harga juga didukung oleh ekspektasi bahwa Organisasi Negara Pengekspor Minyak (OPEC) dan sekutunya mungkin setuju minggu depan untuk memperpanjang pemotongan produksi saat ini hingga melampaui batas.

    Sementara itu, bursa saham Amerika Serikat berakhir menguat pada akhir perdagangan Senin waktu setempat (Selasa WIB), didukung oleh lonjakan di sektor energi. Namun, bursa Wall Street masih dibayang-bayangi dampak dari lonjakan covid-19 yang berpotensi kembali menekan perekonomian AS.

    Indeks Dow Jones Industrial Average naik 327,79 poin atau 1,12 persen menjadi 29.591,27. S&P 500 meningkat 20,05 poin atau 0,56 persen menjadi 3.577,59. Indeks Komposit Nasdaq naik 25,66 poin atau 0,22 persen menjadi 11.880,63.

    Sebanyak tujuh dari 11 sektor utama S&P 500 menguat, dengan sektor energi ditutup menguat 7,09 persen, memimpin kenaikan. Sedangkan sektor real estat tergelincir 0,34 persen, menjadi grup dengan kinerja terburuk. Sedangkan perusahaan Tiongkok yang terdaftar di AS sebagian besar diperdagangkan lebih rendah.

    (ABD)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id