Risalah Fed: Bantuan Fiskal Tambahan Bantu Pemulihan Ekonomi AS

    Angga Bratadharma - 08 Oktober 2020 07:44 WIB
    Risalah Fed: Bantuan Fiskal Tambahan Bantu Pemulihan Ekonomi AS
    Gedung The Fed. FOTO: Xinhua/Liu Jie
    Washington: Risalah pertemuan kebijakan terbaru Fed menyebutkan pejabat Federal Reserve AS mencatat bantuan fiskal tambahan akan membantu mempertahankan pemulihan ekonomi Amerika Serikat (AS). Pejabat the Fed juga prihatin tentang berakhirnya tunjangan asuransi pengangguran.

    Peserta Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) mengamati bahwa kondisi pasar tenaga kerja terus membaik dalam beberapa bulan terakhir. "Akan tetapi pasar tenaga kerja masih jauh dari pulih sepenuhnya," kata risalah pertemuan Fed, dilansir dari Xinhua, Kamis, 8 Oktober 2020.

    Sekitar 22 juta orang di PHK pada Maret dan April di tengah pandemi covid-19, mendorong tingkat pengangguran hingga mencapai level dua digit. "Beberapa peserta mencatat bahwa mayoritas kenaikan dalam data pekerjaan sejauh ini mencerminkan pekerja yang diberhentikan sementara waktu untuk kembali bekerja," kata risalah Fed.

    Namun, risalah Fed menambahkan para pekerja juga mengkhawatirkan sulitnya memperoleh kembali pekerjaan di masa depan. Hal itu karena sebagian berpandangan PHK yang didapatkan bersifat permanen. "Para peserta (pejabat the Fed) menilai kemungkinan kecilnya memperoleh pekerjaan di masa depan berlanjut," kata risalah Fed.

    Selain itu, Risalah Fed mencatat sebagian besar pejabat Fed menyatakan keprihatinannya tentang berakhirnya tunjangan asuransi pengangguran dari CARES Act atau Coronavirus Aid, Relief, dan Economic Security Act, yang disetujui oleh Kongres pada akhir Maret silam. Tunjangan pengangguran yang diberikan sebesar USD600 per minggu berakhir pada akhir Juli lalu.

    Sejauh ini, Kongres dan Gedung Putih masih menemui jalan buntu terkait kesepakatan bantuan virus korona berikutnya. Alhasil, sejumlah insentif yang diberikan harus berhenti. Kondisi ini bukan tidak mungkin akan berdampak terhadap upaya pemulihan ekonomi yang sedang berlangsung.

    "Peserta memandang dukungan fiskal dari CARES Act sangat penting dalam memperkuat kondisi keuangan jutaan keluarga. Dan sejumlah peserta menilai bahwa tidak adanya dukungan fiskal lebih lanjut akan memperburuk kesulitan ekonomi di masyarakat minoritas dan berpenghasilan rendah," kata risalah Fed.

    Risalah tersebut juga mencatat peserta FOMC terus melihat ketidakpastian seputar prospek ekonomi sebagai hal yang sangat tinggi, dengan jalur ekonomi sangat bergantung pada gerak virus; tentang bagaimana individu, bisnis, dan pejabat publik menanggapinya; dan tentang keefektifan langkah-langkah kesehatan masyarakat untuk mengatasinya.

    (ABD)


    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id