IMF Ramal Ekonomi Tiongkok Tumbuh 8,4% di Tahun Ini

    Ade Hapsari Lestarini - 07 April 2021 10:02 WIB
    IMF Ramal Ekonomi Tiongkok Tumbuh 8,4% di Tahun Ini
    Foto: AFP.



    Washington: Dana Moneter Internasional (IMF) memproyeksikan ekonomi Tiongkok tumbuh 8,4 persen pada tahun ini. Proyeksi ini naik 0,3 persen di atas perkiraan Januari.

    Melansir Xinhua, Rabu, 7 April 2021, Kepala Ekonom IMF Gita Gopinath dalam jumpa pers virtual menuturkan, revisi ke atas ini mencerminkan lingkungan eksternal yang lebih baik.






    Pertumbuhan global yang lebih kuat dan paket bantuan covid-19 AS, yang telah meningkatkan permintaan akan produk-produk Tiongkok.

    Memperhatikan bahwa Tiongkok telah mengalami pemulihan yang sangat kuat, dia mengatakan pemulihan ekonomi negara itu agak tidak seimbang. Hal ini karena masih sangat bergantung pada dukungan publik dan investasi publik, serta konsumsi swasta yang belum pulih secepat diharapkan.

    "Jadi, untuk menjadikan ini pemulihan yang tahan lama, harapan kami adalah langkah-langkah fiskal dan langkah-langkah dukungan lainnya akan bekerja dalam arah mendukung pemulihan yang datang dari sektor swasta, bukan dari sektor publik," jelasnya.

    Laporan World Economic Outlook (WEO) yang dirilis IMF menunjukkan, kendati ekonomi Tiongkok telah kembali ke Produk Domestik Bruto (PDB) sebelum pandemi pada 2020, banyak pasar negara berkembang dan negara berkembang lainnya diperkirakan tidak akan mencapainya hingga 2023.

    Laporan yang baru dirilis memproyeksikan ekonomi global meningkat 4,4 persen pada 2022, naik 0,2 persen di atas perkiraan Januari. Pada 2020, ekonomi global diperkirakan mengalami kontraksi bersejarah sebesar 3,3 persen.

    (AHL)

    Bagaimana tanggapan anda mengenai artikel ini?

    Cara untuk mendapatkan Berita terbaru dari kami.

    Ikuti langkah berikut ini untuk mendapatkan notifikasi

    1. Akses Pengaturan/Setting Browser Anda
    2. Akses Notifications pada Pengaturan/Setting Browser Anda
    3. Cari https://m.medcom.id pada List Sites Notifications
    4. Klik Allow pada List Notifications tersebut

    Anda Selesai.

    Powered by Medcom.id